Senin , Desember 16 2019
Home / Ruwa Jurai / Bupati Tanggamus Hadiri Ruwatan Laut Sekaligus Resmikan TPI

Bupati Tanggamus Hadiri Ruwatan Laut Sekaligus Resmikan TPI

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Tanggamus Dewi Handajani, hadiri kegiatan Ruwatan Laut dan peresmian Tempat Pelelanggan Ikan (TPI), Rabu (12/10).

Dalam sambutanya, Bupati Bambang Kurniawan mengatakan bangsa Indonesia patut melestarikan budaya yang telah diwarisi dengan kekayaan tradisi dari nenek moyang, salah satunya ruwatan laut ini.

Ruwatan laut digelar sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur dan sebagai upaya pelestarian budaya bangsa. Orang nomor satu di jajaran Pemkab Tanggamus itu menegaskan bahwa tradisi ruwat laut semata-mata hanya tradisi saja, tanpa unsur mistik atau syirik.

Dengan pengembangan dan penambahan sarana prasarana TPI ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kondisi ekonomi nelayan pesisir.

dsc_7296

Pada kesempatan itu, Bupati menandatangani peresmian prasasti batu TPI, dilanjutkan dengan pemotongan pita yang di lakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK. Tanggamus Dewi Handajani.

Para nelyan meminta bantuan penambahan lahan dengan ukuran 1/5 Ha, dengan nilai Rp. 60 Juta dan meminta pembangunan tanggul pelabuhan atau muara tempat bersandar perahu,.

Bupati menyanggupi permintaan para nelayan yang akan direalisasikan secepatnya melalui Dinas Perikanan dan Kelautan, dengan catatan tanah tersebut menjadi aset Pemerintah kabupaten Tanggamus.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kadis Perikanan dan Kelautan Edi Nerimo, Inspektur Firman, Kadis Kominfo Sabaruddin, Camat Limau, serta masyarakat dan para nelayan Pekon Tigeneneng, Kecamatan Limau. (Bhn/Afta)

9,167 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About admin

Check Also

Jalin Silaturahmi Pemerintah dan Perbankan, Gubernur Arinal Buka Turnamen Golf HUT BRI ke-124 di Padang Golf Sukarame

LAMPUNG1.COM, BANDARLAMPUNG — Demi menjalin silaturahmi Pemerintah dan Perbankan, dalam hal ini Bank Rakyat Indonesia …

5 comments

  1. Alhamdulillahhh tetap jayaa

  2. Blh jg tu acr ruwet lautnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!