Rabu , Juli 28 2021
Home / Politik / DPS Tubaba Sebanyak 199.869 Mata Pilih

DPS Tubaba Sebanyak 199.869 Mata Pilih

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang Barat – Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati setempat tahun 2017 mendatang ditetapkan sebanyak 199. 869 mata pilih. Jumlah DPS ini ditetapkan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPS yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tubaba, Senin (31/10) .

DPS tersebar di 9 Kecamatan se-Tubaba dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 553 TPS. Secara rinci, DPS di Kecamatan Tulang Bawang Tengah berjumlah 58.546 mata pilih (174 TPS), Tumijajar 31.761 mata pilih (75 TPS), Tulang Bawang Udik 24.632 (60 TPS), Pagar Dewa 5.742 (12 TPS), Lambu Kibang 16.300 (46 TPS). Kemudian Kecamatan Gunung Agung berjumlah 22.125 mata pilih (66 TPS), Gunung Terang 14.268 (42 TPS), Batu Putih 10.731 (36 TPS), dan Kecamatan Way Kenanga berjumlah 15.764 mata pilih (42 TPS).

BACA JUGA:  Satgas TMMD Juga "Proteksi" Warga Sasaran Agar Terbebas Corona

Turut Hadir dalam rapat pleno tersebut, Ketua Panwaskab Tubaba Midiyan, S.Sos, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lukman, SH, Kepala Badan Kesbangpol Nurmansyah. Kemudian LO Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, LO Polres Tuba, LO Kodim, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Tubaba.

“DPS ini berbasis Sitem Infomasi Data Pemilih (Sidalih) dan tentunya belum final karena masih akan ada perbaikan, makanya setelah pleno ini akan diumumkan secara luas di tiyuh-tiyuh agar mendapat tanggapan secara langssung dari masyarakat,” ujar Ketua KPU Tubaba Ismanto Ahmad.

Ismanton menambahkan, setelah pengumuman DPS akan dilakukan rekapitulasi kembali dan akan ditetapkan DPS Hasil Perbaikan (DPS-HP) melalui rapat pleno, yang selanjutnya akan dilakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

BACA JUGA:  Misi Tambahan, Satgas TMMD Reg-109 Karanganyr Bagikan Masker Pada Warga Untuk Cegah Covid-19

Ditemui usai pleno, Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih KPU Tubaba Cecep Ramdhani menjelaskan, bahwa jumlah DPS tersebut merupakan hasil Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih (AKWK) yang dilakukan mulai ditingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Coklit Data Pemilih atau AKWK dilaksanakan dari tanggal 8 September-7 Oktober 2016 oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan dalam pencoklitan ini kita mengerahkan 573 orang PPDP,” jelas Cecep saat dikonfirmasi terkait pemutakhiran data pemilih tersebut .

Kemudian, PPS melakukan penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran data pemilih dimasing-masing tiyuh tersebut. Setelah itu, PPS melakukan rekapitulasi terhadap daftar pemilih tingkat desa/kelurahan, baru dilakukan rekapitulasi ditingkat kecamatan.”Rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran tersebut ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara ditingkat kabupaten dalam keputusan rapat pleno. Hasil keputusan DPS diserahkan kembali ke masing-masing PPS tanggal 3-9 November 2016,”

BACA JUGA:  Anggota PKK Jatiwarno Menangisi Kepergian Satgas TMMD Reg 109 Karanganyar

Setelah diterima oleh PPS maka akan diumumkan dimasing-masing tiyuh untuk mendapatkan tanggapan masyarakat, yakni mulai tanggal 10-19 November 2016.”Tujuan dari pengumuman ini agar masyarakat tahu dan jika ada yang belum terdaftar dalam DPS untuk segera melapor ke PPS, termasuk Panwaskab juga bisa memberikan tanggapan terkait DPS ini. Tanggapan ini nanti akan mengisi formulir Tanggaan dan Masukan Masyarakat terhadap DPS atau A.1.A-KWK,” pungkasnya. (Taufik/Hamid)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

BPNT di Kecamatan Padang Ratu Diduga Dimonopoli

LAMPUNG1.COM, Lampung Tengah – Pencairan bantuan pangan non tunai (BPNT) bagi warga kurang mampu di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *