Sabtu , September 25 2021
Home / Kesehatan / Hewan Rabies Banyak Berkeliaran Di Perbatasan Lampung Timur.

Hewan Rabies Banyak Berkeliaran Di Perbatasan Lampung Timur.

LAMPUNG1.COM, Meski tahun 2016 ini belum ada laporan kasus penyakit rabies, namun Pemerintah Lampung Timur, melalui Dinas Peternakan, tetap melakukan penekanan penyebaran penyakit rabies, dengan memberikan vaksinasi, terhadap Hewan Pembawa Rabies (HPR), yang banyak berkeliaran di wilayah perbatasan kabupaten Lampung Timur.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan Lampung Timur, Dewanto, menjelaskan bahwa sesuai hasil pendataan, jumlah populasi Hewan Pembawa Rabies, mencapai 14.434 ekor, yang di dominasi oleh 8.389 ekor Kucing, 5.930 ekor Anjing, 119 ekor Kera, dan 1 ekor Luwak.

BACA JUGA:  Bupati Aceng Fikri Minta Maaf Kepada Warga Garut dan Rakyat Indonesia

Dari jumlah tersebut, Dinas Peternakan sudah berhasil melakukan vaksinasi terhadap 6.497, dari target 6.600 ekor hewan, dengan harapan bisa mencegah penyebaran penyakit rabies di Kabupaten Lampung Timur, secara bertahap, sesuai arahan dari Dinas Peternakan Propinsi Lampung.

“Program vaksinasi hewan pembawa rabies ini, memang merupakan program Dinas Peternakan Propinsi Lampung, dan kita di Kabupaten Lampung Timur, hanya melaksanakan sesuai jumlah target yang telah di tentukan, secara bertahap”, jelasnya.

BACA JUGA:  Aset dan Lingkungan Sekolah Menjadi Bersih Selama Ditempati Satgas TMMD Reguler Banyumas

Beberapa kendala yang di temui di lapangan, saat melaksanakan kegiatan vaksinasi ini, adalah karena tidak semua hewan piaran warga masyarakat di kandangkan, sehingga perlu proses menangkap lebih dulu, sebelum melakukan proses vaksinasi.

Sementara yang menjadi kekhawatiran pihaknya adalah, tingginya potensi penularan rabies, pada hewan di kawasan perbatasan Kabupaten Lampung Timur, akibat di tularkan oleh hewan lain dari wilayah lain, yang belum di vaksinasi, karena proses vaksinasi ini, tidak dapat dilakukan secara serentak, pada setiap hewan yang berpotensi membawa penyakit rabies. (Riz)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Pemko Batam Gelar Upacara Memperingati Hari Jadi Ke-19 Provinsi Kepri

LAMPUNG1.COM,Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-19 provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *