Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Pariwisata & Budaya / Pagelaran Pringsewu, Kota Sejuta Ikan

Pagelaran Pringsewu, Kota Sejuta Ikan

LAMPUNG1.COM, Pringsewu – Pagelaran merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Pringsewu, Lampung, dengan berbagai potensi alam, terutama dibidang budidaya perikanan air tawar. Letaknya diketinggian berkisar 150 Mdpl, membentang dari Sukawangi hingga Ganjaran dan dari Pasir Ukir hingga Tanjung Dalam.

Rawa-rawa yang terbentuk karena kontur tanah Pagelaran yang bergelombang, dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membudidayakan ikan air tawar, dengan berbagai jenis, seperti ikan mas, ikan lele, ikan nila, ikan Gurame, serta ikan patin. Para petani ikan di Pagelaran biasa menjual ikan keberbagai daerah, baik ke Pulau Jawa maupun Sumatera, seperti Bengkulu, Palembang, Jambi, Jakarta, Serang, dan lainnya.

BACA JUGA:  Kodim 0424 Bersama Polres dan Pemkab Tanggamus Patroli Dengan Motor Trail

Untuk menguatkan bahwa Pagelaran merupakan sentra ikan dan dapat dijadikan sebagai tujuan wisata, Bupati Pringsewu Sujadi A Sadat dalam waktu dekat berencana membangun Monumen Ikan di persimpangan Pasar Pagelaran.

Selain kaya akan potensi alam, Pagelaran juga kaya dengan potensi sumber daya manusia. Pagelaran dipercaya memiliki kualitas pendidikan yang baik, sehingga tidak sedikit orang tua dari Kecamatan dan Kabupaten tetangga menyekolahkan anak mereka di Pagelaran yang dilengkapi dengan fasilitas Sport Center.

BACA JUGA:  Warga Ini Sembunyikan Narkoba Dalam Bungkus Rokok

e

Masyarakat Pagelaran gemar menanam berbagai jenis buah-buahan di kebun maupun pekarangan rumah mereka. Dengan begitu, Pagelaran juga dinilai berpotensi dalam bidang pertanian, khususnya hortikultura.

Disektor pariwisata, Pagelaran memiliki daya tarik tersendiri. Banyak tempat wisata di Pagelaran yang bisa dijadikan tujuan berwisata bagi para pelancong, seperti Pura Umat Hindu di Lugusari, Bendungan Way Ngison, Talang Air peninggalan Belanda di Ganjaran sejak 1928, Bukit Pemenang, Miniatur Tugu Monas di Patoman, dan yang akan dibangun Monumen Ikan di persimpangan atau traffick light Pasar Pagelaran.

BACA JUGA:  Sering Terendam Banjir, Kodim 0410/KBL Lakukan Peninggian Badan Jalan Pada TMMD 109

Dalam waktu dekat, Pagelaran juga akan memiliki pusat perebelanjaan modern, yakni Pasar Pagelaran, serta Sub Terminal yang akan dibangun di depan pusat perbelanjaan modern Pasar Pagelaran.

Berdasarkan informasi yang didapat dari BAPPEDA Kabupaten Pringsewu, Pagelaran akan menjadi Agropolitan penyangga daerah Ibukota Pringsewu. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Seorang Residivis Kejahatan, Diringkus Team TEKAB 308 Polsek Pekalongan

LAMPUNG1.COM, Team TEKAB 308 Polsek Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, berhasil meringkus seorang residivis kejahatan, tanpa …

One comment

  1. sejak dulu pegelaran terkenal dg ikan air tawarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *