Kamis , Mei 6 2021
Home / News Lampung1 / Pemkab Tubaba Gelar Selametan Budaya dengan 5000 Peserta

Pemkab Tubaba Gelar Selametan Budaya dengan 5000 Peserta

[youtube width=”100%” height=”340″ src=”SEuxSznJnXw”][/youtube]

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang Barat – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat menggelar kegiatan selamatan budaya di Sesat Agung dengan gelar Sesat Agung Bumi Gayau Ragem Say Mangi Waway. Diikuti kurang lebih 5000 peserta dari kalangan Tiyuh sampai Kecamatan, Selasa (11/10).

Arak-Arakan Budaya dimulai dari Tugo Rato Naga Bersanding menuju Islamic Center dan Sesat Agung yang berjarak kurang lebih 500 meter. Disebut-sebut sebagai komplek dunia akhirat oleh bupati Tubaba Umar Ahmad dengan diiringi berbagai macam kegiatan budaya Lampung.

BACA JUGA:  Cek Kesehatan Rutin Dilakukan Kepada Satgas TMMD

slametan-budaya-b

Selametan budaya ini diikuti berbagai lapisan masyarakat dari empat marga, yakni, Tegamoan Buai Bulan Suai Umpu dan Aji. Federasi adat Tubaba dipimpin oleh Herman Artha selaku Sutan Kuasa Marga.

Turut Hadir pada kesempatan ini, Mentri Agama Lukman Hakim Syaifudin,dan Wakil Gubernur Bahtiar Basri, Bupati Tulang Bawang Hanan rozak , Ketua DPRD Tuba Barat Busroni , Kajari, Kapolres, dan SKPD setempat.

Kegiatan selamatan budaya ini sebagai bentuk syukur masyarakat Tubaba atas terwujudkan pembangunan tiga ikon kabupaten yakni Tugu Rato, Masjid Agung Baitusshobur dan Balai Adat Sesat Agung, sebagai lambang Kabupaten Tulang Bawang Barat.

BACA JUGA:  TMMD 110 Bojonegoro, Wagub Jatim Meninjau Sasaran RTLH Aladin

slametan-budaya-c

Terkait dengan pentas seni dan budaya tersebut, Herman Arta menjelaskan kegiatan dirancang khusus menjadi sebuah pentas seni dan budaya terbuka yang digelar selama dua hari.

Kegiatan hari pertama diawali dengan prosesi adat dari 11 Kampung tua, parade 103 Tiyuh/Desa, persembahan Tari Nenemo, musik esembel, musik klasik, pameran seni rupa, pagelaran pakaian adat dan pertunjukan teater. Sementara, untuk hari kedua, akan digelar lokakarya satra Guru Bahasa Indonesia bersama 9 Sastrawan Nasional. (Taufik/Hamid)

About admin

Check Also

Menjelang Idul Fitri PT. SMOE Indonesia Lakukan PHK Masal

LAMPUNG1.COM,¬†Batam – Puluhan pekerja buruh pabrik PT. Smoe Indonesia yang terletak di pesisir timur Pulau …

5 comments

  1. Semoga kedepan nya bisa lebih baik

  2. Zakaria kusuma jaya

    Bravo

  3. Dengan acara ini kedepan bisa lebih baik lagi

  4. ini buat bangga masyarakat tubabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *