Jumat , Februari 19 2021
Home / Ekonomi / Pemprov Canangkan “Lampung Kompeten” bagi Tenaga Kerja Lampung

Pemprov Canangkan “Lampung Kompeten” bagi Tenaga Kerja Lampung

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo akan canangkan “Lampung Kompeten”, yang rencananya akan berlangsung di Balai Keratun Komplek Pemprov Lampung pada 12 Oktober 2016 mendatang.

Hal tersebut di sampaikan Pj Sekdaprov Lampung Sutono, saat memimpin rapat di ruang kerjanya, Rabu (5/10).

“Lampung Kompeten” bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Lampung, sehingga diharapkan mampu bersaing dan memiliki nilai tawar tingkat Internasional. Dengan adanya sertifikasi kompetensi, diharapkan tenaga kerja Lampung akan mudah mendapatkan lapangan kerja.

BACA JUGA:  Pemkab Pringsewu Gelar Upacara Harkitnas

Sutono menjelaskan pada tahun 2016, target yang akan dicapai yakni sertifikasi kompetensi petani sebanyak 5000 orang, mengingat sertifikasi kompetensi petani merupakan salah satu syarat untuk memperoleh bantuan modal dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Sedangkan sertifikasi kompetensi profesi lainnya akan direncanakan pada tahun anggaran 2017, melalui pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan lainnya.

BACA JUGA:  TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0718/Pati Membangun Infrastruktur Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Diketahui, sisi pendidikan dan produktivitas tenaga kerja Lampung masih kalah dengan tenaga kerja dari Malaysia, Singapura, dan Thailand. Sementara, tingkat kemiskinan di Provinsi Lampung selama 20 tahun selalu bergerak dikisaran 13 hingga 14 persen, diikuti angka pengangguran yang pada Februari 2016 tercatat sebanyak 44.000 orang atau 4,54 persen, menurut hasil survey Badan Pusat Statistik 2016.

Rencananya akan hadir dalam “Lampung Kompeten” Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Ketua Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK), Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Nasional (LSPPN), serta para Stakeholder. (Red/KOM)

About admin

Check Also

Hadiri Rakor Bersama Tim Korsupgah KPK, Gubernur Arinal Tegaskan Komitmen Pemprov Lampung dalam Pencegahan Korupsi

LAMPUNG1.COM,BANDARLAMPUNG — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengahadiri Rapat Koordinasi Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi 2021 Wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *