Sabtu , Mei 8 2021
Home / Ruwa Jurai / Mesuji / Pengguna Jalan Keluhkan Pungli di Jalintim Sumatera

Pengguna Jalan Keluhkan Pungli di Jalintim Sumatera

LAMPUNG1.COM, Mesuji – Pengguna Jalan Lintas Timur Sumatera Kabupaten Mesuji yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan mengeluhkan pungutan liar yang dilakukan oknum warga setempat yang memanfaatkan jalan rusak diwilayah itu.

Menurut sejumlah pengemudi bus antar Provinsi di Mesuji, ada sejumlah titik badan Jalan Lintas Timur Sumatera yang baru dua pekan diperbaiki namun sudah kembali rusak, hal ini diduga memicu praktik pungutan liar makin marak dan meresahkan pengguna jalan.

BACA JUGA:  Inilah Wujud Hasil Kerja Keras Satgas TMMD Reg 109 dan Warga Jatiwarno

Menurut mereka, pungutan dari oknum warga bervariasi, pada siang hari pengendara dimintai paksa rata-rata sebesar Rp. 50 ribu dan pungutan itu membesar pada malam hari mencapai Rp. 200 ribu. Padahal, jalan Negara itu dikhususkan untuk lalu lintas kendaraan masyarakat umum.

“Sebetulnya kami berkeberatan membayar pungutan itu, namun terpaksa harus memberikannya, bagaimana lagi daripada dirampok lebih baik begitu,” kata seorang sopir bus yang tidak ingin namanya ditulis.

BACA JUGA:  Jelang Raih Penghargaan, Kades Terbaik di Pesawaran Wafat, Selamat Jalan Pak Hi. Dadang

Keluhan serupa disampaikan sopir truk besar, Tomy (40) dari Jakarta menuju Palembang yang melewati Kabupaten Mesuji. Tomy mengaku begitu sampai pada titik jalan lintas yang rusak, terdapat puluhan orang menghentikan kendaraannya dan pura-pura mengatur lalu lintas. Menurutnya, puluhan orang tersebut meminta bayaran, bila tidak diberikan, mereka mengancam menggunakan senjata api rakitan kepada pengguna kendaraan.

“Kami mengharapkan Pemerintah Provinsi Lampung dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memperbaiki Jalan Lintas Timur Sumatera tersebut, agar pengguna jalan terhindar dari ancaman menjadi korban tindak kriminal,” kata Tomy.

BACA JUGA:  Satreskrim Polsek Bengkunat Berhasil Tangkap Pelaku Pemerkosaan Dibawah Umur

Para pengguna kendaraan pribadi juga mengaku was-was lantaran sejumlah titik dijalan lintas itu dinilai juga sangat rawan tindak kriminal. Tak cuma uang, telepon genggam dan barang berharga lainnya juga `digasak`. (Tinus)

About admin

Check Also

Kios Disekitar Pasar Cimeng Bandar Lampung Hangus Dilalap Api

LAMPUNG1.COM, Peristiwa kebakaran menghanguskan kios yang berlokasi disekitar Pasar Cimeng, Teluk Betung, Kota Bandar Lampung, …

One comment

  1. seharusnya patroli terus pihak kepolisian,supaya aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *