Minggu , Mei 16 2021
Home / Ekonomi / Peran Penting TPID Dalam Pengendalian Inflasi

Peran Penting TPID Dalam Pengendalian Inflasi

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Rapat Koordinasi dan Capacity Building Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Provinsi Lampung Tahun 2016, di gelar di Hotel Seraton Bandar Lampung, Selasa (11/10).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Pj Sekdaprov Lampung Sutono mewakili Gubernur Ridho Ficardo bersama Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Adeham, Ketua TPID Provinsi Lampung, Ketua TPID Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung , Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Arief Hartawan, Kepala SKPD Kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, narasumber Handri Adiwilaga yang merupakan Asisten Direktur departemen kebijakan ekonomi dan moneter, Bank Indonesia pusat.

BACA JUGA:  Ketua Komisi I DPRD Kota Batam Setujui Pengadaan Genset Pada APBD Perubahan 2020

Kabag Humas Heriyansyah menjelaskan, dalam laporan Arief Hartawan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung terungkap pembentukan TPID diawali pada tahun 2008 yang diinisiasi oleh Pemerintah Daerah Pulau Jawa untuk bersama-sama bersinergi dengan Bank Indonesia kantor perwakilan mengatasi gejolak harga pangan yang tinggi.

Hingga September 2016 atau 9 bulan pertama di tahun 2016, inflasi Provinsi Lampung baru mencapai 1,19% (ytd), walaupun untuk inflasi Nasional sebesar 0,22% (mtm). Dengan perkembangan tersebut, inflasi di Lampung tahun 2016 tidak menjadi masalah hingga akhir tahun ini diperkirakan masih akan terkendali pada level yang cukup rendah dibawah 4% (yoy).

BACA JUGA:  Sekda Lamtim : "Narkoba Itu, Musuh Kita"

Kegiatan yang dihadiri oleh 14 TPID Kabupaten/Kota yang masing masing diwakili oleh 2 orang wakil, dan beberapa orang wakil dari TPID Provinsi termasuk Bulog itu, bertujuan untuk menyusun roadmap pengendalian inflasi TPID Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Gubernur Ridho Ficardo dalam sambutan tertulisnya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda penting dan strategis dalam program mengendalikan inflasi daerah dengan fokus utama yakni menjaga ketersediaan pangan, menjaga kelancaran distribusi, menjaga harga yang wajar dan terjangkau, serta komunikasi koordinasi dengan pihak terkait dalam menjaga stabilitas harga di daerah, baik di Pemerintah Provinsi Lampung maupun Pemerintah Kabupaten/Kota.

BACA JUGA:  Satgas TMMD Bojonegoro Dampingi Belajar Anak-Anak Ngrancang

Gubernur berharap Ketua Tim TPID Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung untuk dapat berperan aktif dalam pengendalian inflasi didalam daerah, serta menindaklanjuti arahan Mendagri dalam Rakornas VII TPID dan juga dapat mengambil arah kebijakan stabilitasi harga bahan pokok dan penguatan koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). (Red/Hum)

About admin

Check Also

Personil Kompi 2b Pelopor Melaksanakan PAM Arus Balik Hari Raya Idul Fitri 1442.

LAMPUNG1.COM –¬†Menindak lanjuti Nota Dinas Karo Ops Polda Lampung Nomor : B / ND- 100 …

3 comments

  1. Semoga berjalan dengan lancar

  2. semoga aj pengendalian inflasi kabupaten/kota bisa teratasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *