Minggu , Februari 21 2021
Home / Hukum Kriminal / Polisi Amankan Lokasi Penambangan Ilegal di Kotabumi Tengah Barat

Polisi Amankan Lokasi Penambangan Ilegal di Kotabumi Tengah Barat

LAMPUNG1.COM, Lampung Utara – Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya penambangan batu ilegal yang diduga telah merusak alam dan lingkungan di Desa Kotabumi Tengah Barat, Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara. Unit Kriminal Khusus Satuan Reskrim Polres Lampung Utara dipimpin Kanit Krimsus IPTU Andri Gustami SIK langsung meninjau dan mengamankan lokasi penambangan dengan memasang police line, Jum’at (21/10).

Saat dilakukan penggerebekan, pelaku sedang tidak berada dilokasi tambang, petugas hanya menemukan alat berat excavator yang diduga digunakan untuk mengeruk batu dari aliran sungai.

BACA JUGA:  Sungai Bapoh Meluap, Pemukiman Warga Terdampak Banjir

Kanit Krimsus IPTU Andri Gustami menjelaskan oknum yang mengelola tambang ilegal tersebut diketahui berinisial AK yang merupakan warga Kotabumi, sedangkan pemilik lahan yang juga pengawas berinisial MW warga Desa Kotabumi Tengah Barat.

IPTU Andri Gustami juga mengungkapkan penambangan batu tersebut diduga tidak dilengkapi Ijin Usaha Pertambangan (IUP) dan Ijin Pertambangan Rakyat (IPR) sebagaimana yang disebutkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Lakukan Rakor Persiapan Soft Launching Kartu Petani Berjaya

Dalam waktu dekat, Unit Kriminal Khusus Satuan Reskrim Polres Lampung Utara akan memanggil pengelola, pemilik lahan, pemilik alat berat, dan operatornya untuk dimintai keterangan.

Jika terbukti bersalah, pelaku akan diancam pidana paling lama 10 tahun penjara dan denda paling banyak Rp. 10 Milyar. (Red)

About admin

Check Also

Di Way Kanan Ayah Tiri Cabuli Anak di Bawah Umur, Dibekuk Polisi.

LAMPUNG1.COM,Way Kanan — Sungguh bejat perlakuan seorang pria dikabupaten Way Kanan tega mencabuli anak tiri …

One comment

  1. nah lho ketahhuan yg main2 dg hukum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *