Sabtu , Mei 8 2021
Home / Ruwa Jurai / Sosialisasi UU Pers yang Digelar PWI Tuba Masih Diperbincangkan

Sosialisasi UU Pers yang Digelar PWI Tuba Masih Diperbincangkan

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang – Pelaksanaan Sosialisasi UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Pers yang dilaksanakan di Kampung Kecubung Raya, Kecamatan Meraksa Aji pada Senin kemarin, masih menjadi perbincangan hangat dikalangan Wartawan yang ada di Kabupaten setempat.

Ini terlihat ketika puluhan Wartawan sedang kongkow-kongkow di Kantin belakang Kantor Dinas Kominfo Kabupaten asyik membahas masalah ini, Selasa (18/10).

Sebagian besar Wartawan masih mempertanyakan Sosialisasi UU Pers tersebut. Pasalnya, peserta sosialisasi yang bertema “Menuju Wartawan yang Profesional dan Bermartabat” itu mayoritas adalah Kepala Kampung, sementara undangan untuk wartawan terbatas, hanya untuk wartawan tertentu saja.

BACA JUGA:  Warga Ngadu ke Ridho Soal Jalan Desa yang Rusak

Menanggapi hal ini, Sihotang seorang pakar jurnalistik, menyatakan bahwa Wartawan harus memihak kepada kebenaran, dan harus berpihak kepada kepentingan publik.

Hal ini dibenarkan oleh Rizal wartawan Harian Pilar.

“Memang benar kata Sihotang, seorang Wartawan itu harus berpihak kepada kebenaran dan kepentingan orang banyak. Bila tidak maka rusaklah martabat seorang Wartawan.” Ujar Rizal saat ia menyampaikan pendapatnya di Dinas Kominfo setempat.

BACA JUGA:  Bangun Jalan TMMD, Wahyanto "Habiskan" 50 sak Semen

Menurut Feri BL Wartawan Dinamika Lampung News, seharusnya dalam kegiatan tersebut, seluruh wartawan dilibatkan dan diundang, karena sosialisasi tersebut masalah UU Pers.

Sementara itu, Mulyadi salah satu wartawan setempat menjelaskan dalam sosialisasi tersebut, wartawan yang diundang hanya 42 orang. Sementara yang hadir hanya sekitar 20 orang.

Pada sosialisasi tersebut, menurut Heri wartawan Suara Inspirasi Rakyat, beberapa Wartawan yang hadir diberi uang liputan sebesar 100 – 200 Ribu Rupiah. Kemudian uang bensin untuk mobil sebesar Rp. 100 Ribu, dan motor Rp. 50 ribu. Padahal, karena Acara Sosialisasi UU Pers, maka seharusnya para Wartawan yang hadir merupakan Peserta Sosialisasi yang mendapat uang saku dan akomodasi lainnya, bukan hanya sekedar uang liputan.

BACA JUGA:  Terus Kerja Maksimal di Pra TMMD

Saat dikonfirmasi terkait hal ini melalui telepon selularnya, Ketua PWI Tuba mengaku belum bisa memberikan penjelasan, lantaran masih sedang berada dipemakanan keponakannya di Bandar Lampung. (Yahya Affyt)

About admin

Check Also

Kios Disekitar Pasar Cimeng Bandar Lampung Hangus Dilalap Api

LAMPUNG1.COM, Peristiwa kebakaran menghanguskan kios yang berlokasi disekitar Pasar Cimeng, Teluk Betung, Kota Bandar Lampung, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *