Rabu , Desember 1 2021
Home / Hukum Kriminal / Wakapolda Lampung : “Dugaan Pungli Di Jembatan Timbang, Mencapai Puluhan Juta Setiap Harinya”

Wakapolda Lampung : “Dugaan Pungli Di Jembatan Timbang, Mencapai Puluhan Juta Setiap Harinya”

LAMPUNG1.COM, Wakapolda Lampung, Komisaris Besar Polisi Bonifasius Tampoi, berjanji dalam waktu dekat akan membentuk Tim khusus untuk bongkar praktek-praktek pungutan liar (pungli) di tubuh internal Polri di wilayah hukum Polda Lampung.

Indikasi terbesar dugaan pungli dalam tubuh institusi Kepolisian di Lampung ini, adalah pada Bagian Pelayanan Masyarakat, seperti Kantor Samsat, Unit Pelayanan SIM, namun dugaan kegiatan pungli terorganisir yang paling besar justru ada di jembatan timbang di Kalianda dan Mesuji, yang diduga melibatkan unsur Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan Para Preman setempat, dengan omset puluhan juta rupiah, setiap harinya.

BACA JUGA:  Tinggal Beberapa Jengkal Pembangunan Jalan Trugo-Sonosari Kelar

“Sudah banyak laporan yang masuk, bahwa tingkat kerawanan tindakan pungli paling tinggi ada di Satuan Lalulintas, baik personil yang patroli atau operasi di jalan raya, kemudian di kantor Pelayanan Samsat, dan Pelayanan SIM, tetapi yang paling mengejutkan adalah dugaan pungli di jembatan timbang, yang mencapai puluhan juta rupiah, setiap harinya”, tegasnya.

Pihaknya berjanji setelah Kapolda Lampung yang baru, tiba dan melaksanakan tugasnya di Lampung, maka pihaknya akan segera berkoordinasi untuk membentuk tim khusus, untuk menyikapi dugaan pungli yang terjadi dalam internal tubuh kepolisian di wilayah Hukum Polda Lampung.

BACA JUGA:  Nupi Bangga Bisa Suguhkan Buah untuk Anggota Satgas TMMD ke 109

Wakapolda Lampung juga mengharapkan adanya peran aktif masyarakat, untuk memantau, jika perlu dokumentasikan, dan sekaligus melaporkan, jika memang mengetahui adanya praktik kotor atau pungli yang dilakukan oleh oknum polisi di wilayah hukum Polda Lampung.

“Jangan takut, untuk melaporkan anggota polisi yang nakal, yang masih berani melakukan praktik kotor atau pungli, saat melaksanakan tugas dalam melayani masyarakat, kita jamin, kita akan tindak tegas oknum polisi tersebut”, Tegas Wakapolda Lampung. (Eko Arif)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Bawaslu Lampung Timur Gelar Workshop Hasil Penyelesaian Sengketa Serentak Pemilihan Kepala Daerah

LAMPUNG1.COM, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Timur, menggelar workshop hasil penyelesaian sengketa serentak pemilihan …

One comment

  1. Nah lho siap2 tangkap tangan aparat yg msh lakukan pungli d timbangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING