Senin , Februari 22 2021
Home / Hukum Kriminal / Di Duga Banyak Pedagang Jadi Korban Pungli, Pada Festival Way Kambas 2016

Di Duga Banyak Pedagang Jadi Korban Pungli, Pada Festival Way Kambas 2016

LAMPUNG1.COM, Beberapa persoalan muncul pada hari pertama pembukaan Even Festival Way Kambas di Lampung Timur, selain minimnya tahapan sosialisasi, pengaturan parkir juga tampak acak-acakan, bahkan diduga banyak tindakan pungutan liar (pungli), yang dilakukan oleh sejumlah oknum yang mengatasnamakan panitia Festival, kepada para pedagang, yang melakukan aktifitas di dalam kawasan Taman Nasional Way Kambas.

Beberapa pedagang mengungkapkan mendapat tekanan dari sejumlah oknum yang mengatasnamakan panitia Festival Way Kambas, untuk menyetorkan sejumlah dana, dengan jumlah yang bervariatif, antara 15 hingga 25 ribu rupiah, agar bisa meneruskan aktifitas berdagang.

BACA JUGA:  Arinal-Nunik Komitmen Jadikan Lampung Wilayah Ramah Anak

“Saya diminta membayar 15 sampai 25 ribu kepada oknum yang katanya Panitia Kegiatan Festival Way Kambas, dan jika tidak mau, akan diusir dan tidak boleh dagang di area Festival”, terang para pedagang makanan dan minuman.

Dugaan adanya tindakan pungli ini, merupakan Preseden Buruk yang harus jadi perhatian Bupati Lampung Timur, dan pihak Panitia Festival Way Kambas, karena sangat mempermalukan nama baik dan citra Pemerintah Daerah, di tengah langkah tegas Pemerintah Pusat, yang sedang gencar melakukan Pemberantasan Aksi Pungli di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:  Pemkab Lampung Tengah Terus Dorong Petani Untuk Budidaya Padi Sehat

Sementara banyak warga masyarakat yang ternyata tidak mengetahui secara detail tentang jadwal dan agenda kegiatan, yang mewarnai even Festival Way Kambas, di Kabupaten Lampung Timur, yang di gelar sejak tanggal 11 hingga 13 November 2016 mendatang.

“Ini mungkin tahapan sosialisasinya kurang optimal, sehingga kita sebagai warga masyarakat, banyak yang tidak mengerti secara detail tentang jadwal, dan apa saja acara yang mewarnai kegiatan Festival Way Kambas tahun ini”, jelas beberapa pengunjung. (Eko Arif / Mada / RJ)

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Personel Satgas TMMD Ke-110 Kodim Bojonegoro, Bagikan 50 Masker Gratis pada Warga

LAMPUNG1.COM, BOJONEGORO, – Sosialisasi disiplin protokol kesehatan tak hentinya dilaksanakan di sela-sela kegiatan Pra TMMD (TNI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *