Jumat , Februari 19 2021
Home / Ekonomi / Harga Singkong di Lampura Naik Menjadi Rp. 700 per Kg

Harga Singkong di Lampura Naik Menjadi Rp. 700 per Kg

LAMPUNG1.COM, Lampung Utara – Pemkab Lampung Utara terus berupaya menaikkan harga singkong di Kabupaten setempat. Setelah meyurati Pemerintah Pusat (Presiden) beberapa waktu lalu, kini Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara memanggil para pengusaha tapioka yang berada di Kabupaten setempat, Rabu (9/11).

Selain pengusaha tapioka, pertemuan ini juga dihadiri para petani singkong yang selama ini mengeluhkan rendahnya harga singkong. Hal itu untuk mencari solusi terkait permasalahan harga singkong yang merugikan petani.

BACA JUGA:  Demi Menjaga Ketersediaan Beras dan Tekan Angka Inflasi, Gubernur Arinal Kunjungi Gudang Bulog Kanwil Lampung di Campang Raya

Dalam rapat tersebut, disepakati bahwa harga singkong di Lampung Utara yang semula hanya sebesar Rp. 530, kini harga minimalnya naik menjadi Rp. 700 per kilo, yang berlaku mulai Jum’at 11 November 2016, ditandai dengan penandatanganan MoU antara pihak pengusaha dan petani singkong.

Bupati menghimbau para petani untuk melaporkan perusahaan yang membeli singkong dibawah harga yang telah disepakati.

Usai melaksanakan rapat dengan para pengusaha tapioka, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara memerintahkan kepada Dinas Pertanian dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Lampung Utara untuk turun kelapangan, melihat langsung akurasi timbangan perusahaan dan akurasi penentuan potongan kadar air oleh pabrik, sehingga terdapat transparansi antara perusahaan dengan petani, jangan sampai ada pihak yang merasa dirugikan, baik petani maupun perusahaan. (Faisol)

About admin

Check Also

Oknum Anggota DPRD Kabupaten Tubaba diamankan Polisi

LAMPUNG1.COM,Tubaba:Satuan Reserse kriminal Polres Tulang Bawang Barat Telah mengamankan seorang oknum DPRD Kabupaten Tubaba yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *