Senin , Februari 22 2021
Home / Infrastruktur / Jalan Mesuji Rusak Parah Akibat Truk Bermuatan Melebihi Kapasitas

Jalan Mesuji Rusak Parah Akibat Truk Bermuatan Melebihi Kapasitas

LAMPUNG1.COM, Mesuji – Pengawasan Dinas Perhubungan Kabupaten Mesuji terhadap truk angkutan bermuatan over kapasitas dinilai masih lemah. Pasalnya, di lapangan masih banyak ditemukan truk bermuatan sawit atau singkong yang bermuatan melebihi ketentuan. Akibatnya, kerusakan jalan tidak dapat dicegah. Bahkan ratusan titik semua jalan dimesuji ruas jalan yang baru saja diaspal hancur lagi karena dilalui truk-truk tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Dinas PU Bina Marga Kabupaten Mesuji, Agung, saat dikonfirmasi membenarkan kerusakan jalan yang dikerjakan oleh kantraktor akibat dilalui truk bermuatan over kapasitas . Agung mengaku pihaknya akan tanggungjawab atas hal tersebut. Menurutnya, pihak Dinas PU Bina Marga sudah menjalankan teknis pembangunan dan pengaspalan jalan yang asal asalan melalui rekanan .

BACA JUGA:  Film Pelajar SMKN 1 Negeri Katon

Agung menambahkan, antisipasi perawatan jalan sebenarnya sudah dilakukan oleh pihaknya, antara lain dengan pemasangan portal maupun pembuatan tugu jalan. Namun akibat kesadaran pengendara dan pemilik angkutan, portal yang dipasang tidak jarang dilanggar dan dirusak.

Faisal, salah satu rekanan yang mengerjakan proyek pengaspalan jalan di Kabupaten Mesuji membenarkan pernyataan Agung. Menurutnya, pihaknya sudah melakukan pengaspalan jalan asal asalan dengan ketebalan yang sudah ditentukan, namun karena beban kendaraan yang melintas melebihi tonase menyebabkan aspal jalan yang baru saja dibuat amblas dan rusak berat kembali. Dirinya meminta pihak Dinas Perhubungan dapat menindak tegas truk-truk yang bermuatan melebihi kapasitas tersebut.

BACA JUGA:  Andil Kijang Prtroli Kodim di TMMD Sendang Kulon

Terpisah, Asbar salah satu pengemudi truk bermuatan sawit yang sempat diwawancarai mengakui jika muatan truknya memang melebihi kapasitas beban jalan, hingga mencapai 9 ton. Namun Asbar berdalih jika membawa muatan sedikit, pihaknya akan merugi.

Terkait pengawasan dari pihak Dishub melalui operasi penertiban angkutan truk bermuatan lebih, pria paruh baya itu mengaku tidak pernah menemukannya.

“Kalau operasi dari Dishub saya tidak pernah menemukannya mas, nggak tahu kalau teman-teman yang lain” tutupnya.

BACA JUGA:  Ini Resikonya Memaksa Gadis Belia "Bobok Bareng"

Diketahui, beberapa waktu lalu Dishub Kabupaten Mesuji sudah menggelar sosialisasi larangan truk bertonase melebihi ketentuan melintas di ruas jalan kabupaten. Namun sosialisasi yang dilakukan sepertinya belum maksimal. (Tinus/Baginda)

About admin

Check Also

Minimalisir Kendala, Kodim Bojonegoro Intens Koordinasi Dengan Perangkat Desa Terkait TMMD 110

LAMPUNG1.COM,¬†Bojonegoro, – Demi suksesnya pelaksanaan semua program TMMD ke- 110 Kodim 0813/Bojonegoro di Desa Jatimulyo, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *