Rabu , Mei 19 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Selatan / Kodim 0421 Lamsel Budidaya Jahe Merah

Kodim 0421 Lamsel Budidaya Jahe Merah

LAMPUNG1.COM, Lampung Selatan – Komando Distrik Militer 0421 Lampung Selatan, membudidayakan jahe merah dengan polybag, dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada di Makodim setempat.

Selain dalam rangka budidaya jahe merah dilingkungan makodim 0421/LS, hal tersebut juga bertujuan untuk mengenalkan kepada seluruh anggota jajaran Kodim yang meliputi sepuluh Koramil yang ada diKabupaten Lampung Selatan dan Pesawaran.

Ada Tiga ribu polybag yang jadi media tanam dalam membudidayakan jahe merah dengan ukuran 60 cm x 40 cm, yang disusun per tiga polybag dengan lorong 80 cm.

BACA JUGA:  Batumenyan Masuk Desa One Village One Destinasi Pesawaran

Sebagai media tanamnya adalah tanah humus, pupuk kandang, sekam padi dan pasir dengan komposisi 1 : 1. Mula-mula polybag di isi 1/4 bagian, setelah 2 bulan ditambah medianya menjadi 3/4 bagian, setelah itu pada umur 5 bulan polybag diisi penuh.

Untuk mengurangi penyakit dalam polybag, sebelum bibit ditanam, bibit terlebih dahulu direndam dengan perangsang akar dan fungisida, sehingga terhindar dari jamur dan mempercepat tumbuhnya akar-akar baru.

BACA JUGA:  KPU Pringsewu Gelar Debat Cabup dan Cawabup Sesi Terakhir

Koordinator penanaman budidaya jahe merah Kapten Inf Norizwan Tamin yang juga merupakan Danramil 0421/LS-10 Katibung, mengatakan untuk kedepannya hasil produksi, direncanakan bekerjasama dengan Jamu sidomuncul.

“Perkiraan budidaya jahe merah, akan di panen antara delapan sampai sembilan bulan setelah penanaman. Dan estimasi dalam satu polybag berkisar antara 1,5 kilogram sampai dengan 2 kilogram. Dengan nilai penjualan dipasaran 20.000 per kilogram. Bila harganya bagus bisa mencapai 40.000 per kilogram”, ujarnya, Rabu (9/11). (Wandi)

BACA JUGA:  Kodim 0727/Karanganyar Gandeng Disdukcapil Beri Penyuluhan Soal Kependudukan Pada Masyarakat

 

About admin

Check Also

Warga Geger, Jasad Anak Balita Di Dalam Kolam Ikan Milik Warga

LAMPUNG1.COM, Pringsewu – Warga Pekon Sidodadi Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu digegerkan penemuan jasad seorang anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *