Jumat , Februari 19 2021
Home / Agama / Lampung Tuan Rumah AICIS Tahun 2016

Lampung Tuan Rumah AICIS Tahun 2016

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo hadiri pembukaan the 16th Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2016, di Ballroom Novotel Bandar Lampung, Selasa (1/11).

Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, MA Ketua Panitia Pusat melaporkan, topik central dari pertemuan ini adalah “Demokrasi, Tolerensi, Modern, Islamic” Demokrasi di Indonesia yang unik, serta Negara penganut Agama Islam terbesar di dunia. Menjadi daya tarik bagi Negara-Negara diberbagai belahan dunia, untuk diobservasi keberhasilan Indonesia memelihara kehidupan berbangsa dan bernegara berpedoman kepada nilai agama dalam konteks demokrasi Pancasila.

BACA JUGA:  Tersangka Penyalahgunaan Narkoba di Pesawaran Diciduk Petugas

Makalah Yang telah teregistrasi pada panitia sebanyak 1345 Paper atau makalah. AICIS Ke-16, diselenggarakan di IAIN Raden Intan berkat kerja keras dari Civitas IAIN, yang disuport penuh oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

Karo Humas & Protokol Bayana menerangkan, dalam sambutannya Gubernur M. Ridho Ficardo atas nama Pemprov Lampung mengucapkan selamat datang di Provinsi Lampung kepada seluruh peserta the 16th Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS).

img_20161101_222121

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lampung menjelaskan tentang budaya dan tradisi Sai Bumi Ruwa Jurai. Gubernur juga memperkenalkan sejumlah destinasi unggulan pariwisata di Provinsi Lampung. Pemerintah Provinsi Lampung akan menyiapkan lahan seluas 50-100 Ha, untuk mendukung peningkatan status dari IAIN menjadi Universitas Islam Negeri.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Terima Anugerah Negeri 2017

Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin, saat membuka AICIS Ke16, mengatakan AICIS kali ini begitu istimewa dengan adanya dukungan luar biasa dari Gubernur dan jajaran Polda Lampung. Terlebih, tempat pelaksanaan AICIS tidak lagi dihotel, namun diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Islam, IAIN Reden Intan.

Menteri Agama RI menjelaskan tiga ciri yang membedakan nilai Islam yang berkembang di Indonesia dengan nilai Islam yang berkembang dinegara lain, yakni nilai Islam moderat (4 Mahzab menjadi pedoman), nilai Islam yang toleransi, tawazun/keseimbangan, nilai Islam yang mempertahankan tradisi, dan nilai Islam yang Nasionalis.

BACA JUGA:  Bapak dan emak tumbuhkan motifasi

Hadir pada AICIS Ke-16 ini, Duta Besar dan perwakilan Negara-Negara sahabat, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Nursyam,M.Si, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, MA selaku Ketua Panitia Pusat, para Pejabat Eselon I Kementerian Agama, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, MA, serta Rektor IAIN Raden Intan Prof. Dr. H. Moh. Mukri, M.Ag. (Red/Hum)

About admin

Check Also

Hadiri Rakor Bersama Tim Korsupgah KPK, Gubernur Arinal Tegaskan Komitmen Pemprov Lampung dalam Pencegahan Korupsi

LAMPUNG1.COM,BANDARLAMPUNG — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengahadiri Rapat Koordinasi Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi 2021 Wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *