Senin , Februari 22 2021
Home / Terkini / Putra Lampung Timur, Raih Juara Pertama, Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional.

Putra Lampung Timur, Raih Juara Pertama, Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional.

LAMPUNG1.COM, H Tukimin, Pemilik CV Karya Baru Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur, raih juara pertama nasional dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Rabu (23/11).

Penyerahan penghargaan sebagai juara pertama, sekaligus pembelian mesin karya putra Lampung Timur ini, dilakukan langsung oleh Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo kepada direktur CV Karya Baru, H Tukimin saat pembukaan Teknologi Tepat Guna di Lombok NTB, yang di hadiri juga oleh Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, kepala BPMD Lampung Timur Elwansyah.

BACA JUGA:  Dahlan :''Tak Menyangka Pak Tentara Juga Ahli Ngecor Jalan''

Hi Tukimin, menjelaskan, bahwa dalam lomba TTG menampilkan temuan Mesin Pemilil Jagung Berklobot. Mesin Pemipil Jagung berklobot yang berfungsi memipil jagung kering yang masih terbungkus atau berklobot. dimana dengan adanya mesin ini, petani tidak perlu lagu mengupas klobot jagung sebelum di pisahkan dari cangkangnya. karena selama ini yang sudah ada mesin pemipil jagung yang tidak ada klobotnya, sehingga sebelum di pisahkan dari tongkolnya harus di buang dahulu klobotnya.

BACA JUGA:  TNI dan Warga Terus Rangkai Besi Untuk Merehab "Darul Hidayah"

“Jagung kering berklobot langsung di masukkan kedalam mesin yang akan memisahkan biji jangung dari klobot dan tongkolnya sehingga lebih praktis,” kata Tukimin.

Sementara Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengatakan dengan terpilihnya Putra Lampung Timur, sebagai teknologi tepat guna, dapat menjadi motivasi untuk melakukan inovasi teknologi di kabupaten Lampung Timur, bahkan pemerintah daerah akan ikut mendukung kegiatan tersebut.

“Diharapkan kedepan akan tumbuh inovasi teknolegi yang baru dari Kabupaten Lampung Timur,” kata Wakil Bupati Lampung Timur. (Riz)

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

361 Tahanan Polres Labuhanbatu Mendapat Asupan Makanan Dan Vitamin Dari Kapolres

LAMPUNG1.COM,LABUHANBATU – Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan,SIK MH melalui Kasatres Narkoba membagikan asupan makanan tambahan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *