Rabu , Oktober 20 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / PWI Lakukan Diplomasi Pers ke Beijing

PWI Lakukan Diplomasi Pers ke Beijing

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Kunjungan PWI ke Kota Beijing, Tiongkok disambut musim dingin yang mencapai minus empat sampai lima derajat Celcius. Musim ini berlangsung sejak Oktober 2016 dan diperkirakan berakhir pada Januari 2017.

Rombongan PWI tiba di Bandara Beijing, Jumat Pagi (25/11), dengan udara yang sangat dingin seperti es, pakaian berlapis mantel dan jaket, seperti tak mampu menghangatkan badan, udara dingin terasa menusuk ke dalam tubuh.

Delegasi PWI berkunjung ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT), guna melakukan serangkaian pembicaraan, baik dengan partner Persatuan Wartawan Tiongkok (All China Journalist Association/ACJA), media massa, maupun dengan kalangan pemerintah, khususnya Kementerian Luar Negeri.

BACA JUGA:  Bahas Perlindungan Konsumen Forum Lingkar Merdeka SMSI Gelar Diskusi Bersama BPKN RI

Delegasi PWI dipimpin Ketua Bidang Luar Negeri PWI Teguh Santosa dengan sejumlah pengurus PWI daerah termasuk Lampung, pada hari pertama mengunjungi salah satu media terbesar di Beijing, harian Jalan Kereta Api Rakyat (Renmin Tiedaobao) dan Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

Rombongan PWI diterima Direktur ASEAN Kementerian Luar Negeri Republik Rakyat China (RRC) Shen Minjuan, dalam pertemuan di Kemenlu RRC di Beijing, Jumat Sore (25/11).

Shen Minjuan menyatakan, Tiongkok tidak akan ikut campur urusan politik dalam negeri Indonesia, Cina akan mengirim pasukan ke Indonesia, jika terjadi sesuatu atas keturunan Tiongkok di Jakarta.

BACA JUGA:  Mimpi Warga Jatiwarno Terwujud Berkat TMMD Kodim Karanganyar

Menurutnya, hubungan bilateral Indonesia dan Tiongkok berakar dari masa lalu, memberikan keutungan bagi kedua negara. Pada masa Pemerintahan Indonesia saat ini, hubungan bilateral makin membaik, hal itu ditunjukkan dengan Presiden Joko Widodo yang sudah tiga kali berkunjung ke Tiongkok dan lima kali bertemu Presiden Tiongkok.

Selain ke Beijing, Delegasi PWI dijadwalkan berkunjung ke Hangzhou dan meninjau perkebunan An Ji dari Hangzhou. Rombongan PWI akan menuju Shanghai dengan kereta api cepat.img-20161126-wa0000

“Di Shanghai kami akan mengunjungi Perhimpunan Islam Shanghai dan Masjid Xiao Tao Yuan, ini kesempatan yang baik untuk mempelajari sejarah dan perkembangan Islam di China”, ujar Teguh yang juga Wakil Rektor Universitas Bung Karno (UBK).

BACA JUGA:  Nuansa Romantis Warga dan Satgas di Lokasi TMMD

Delegasi PWI dalam kunjungan tersebut yakni, Ketua PWI Jawa Timur Akhmad Munir, Sekretaris PWI Papua Alberth Yomo, Ketua PWI Kalimantan Selatan Faturrahman Jamhari Samad, Ketua PWI Sulawesi Tengah Mahmud Matangara, Dewan Penasihat PWI Kalimantan Selatan Rusdi Effendi Abdurrachman, dan Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian.

Dua Direktur Confederation of ASEAN Journalist (CAJ) Bob Iskandar dan Dar Edi Yoga juga ikut dalam perjalanan ini. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Miris !!! Oknum PNS Dinas PP&PA Kab Tubaba Abaikan Pelindung Hak Anak

Lampung 1.com,Tubaba – Melanjutkan pemberitaan sebelumnya terkait dengan oknum PNS Dinas PP & PA Tubaba …

One comment

  1. semakin sukses pwi indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *