Minggu , Juli 17 2022
Home / Pariwisata & Budaya / Sekda Tanggamus Buka Festival Gambus Tunggal

Sekda Tanggamus Buka Festival Gambus Tunggal

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Festival Gambus Tunggal yang digelar oleh Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif (Disparpora dan Ekraf) Kabupaten Tanggamus resmi bergulir. Kegiatan yang dipusatkan di Taman Kota, Kota Agung tersebut dibuka resmi oleh Sekda Kabupaten Tanggamus Mukhlis Basri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Bidang Ekobang Andi Wijaya, Kadisparpora dan Ekraf Supardi Syarkawi, sejumlah kepala SKPD, Kapolsek Kota Agung AKP Asep Abdulah, Danramil Kota Agung Kapten Inf Redi Kurniawan, serta Camat Kota Agung yang diwakili Sekcam Quroisin.

BACA JUGA:  Memasuki Hari 10, Pengecoran Jalan Terus Dikebut Satgas TMMD

Supardi Syarkawi dalam laporannya mengatakan, tujuan diadakannya festival tersebut sebagai bentuk pelestarian dan menarik minat masyarakat terhadap kebudayaan lokal kemudian mencari bibit-bibit pemain gambus tunggal.

“Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari 14-16 November dengan jumlah peserta sebanyak 28 peserta. Adapun tema yang diambil yakni ‘kita semarakkan dan lestarikan seni musik gambus. Diajang pencarian bakat sebagai ikatan kekeluargaan,”ujarnya.

Sementara itu, Sekda Tanggamus dalam sambutannya mewakili Bupati mengatakan, bahwa kesenian gambus mulai berkurang, sehingga dengan adanya festival ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap musik tradisional Lampung.

BACA JUGA:  Kodim 0410/KBL Melaksanakan Bedah Rumah Ibu Narmi Pada TMMD 109 Tahun 2020

“Dengan adanya festival ini diharapkan dapat membangkitkan kebudayaan lokal yang nyaris tenggelam. Kedepan ini harus jadi event rutin dan peserta tidak hanya dari kabupaten Tanggamus saja, tetapi kabupaten lain juga,” ujar Sekda. (Burhan/Afta)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Bersama Kejari, Pemkab Lamsel Gelar Pesta Rakyat

LAMPUNG1.COM, Lamsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Selatan menggelar …

One comment

  1. weleh weleeehh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.