Senin , Oktober 18 2021
Home / Hukum Kriminal / Tekan Pungli, Satlantas Polda Lampung Berlakukan E-Tilang.

Tekan Pungli, Satlantas Polda Lampung Berlakukan E-Tilang.

LAMPUNG1.COM, Untuk menekan tindakan pungutan liar serta penyuapan di lingkungan satuan lalulintas se-Polda Lampung, Direktur Lalulintas Polda Lampung, akan memberlakukan sistem tilang elektronik, dalam waktu dekat ini.

Dirlantas Polda Lampung, Kombes Prahoro Tri Wahyono, menyatakan telah melakukan sosialisasi dan pelatihan, untuk mendukung kesiapan Perangkat dan Sumber Daya Manusia (SDM), terhadap seluruh Kasat Lantas, dan institusi terkait, termasuk pihak Perbankan.

“Sebagai tindak lanjut untuk mempersiapkan penerapan E-Tilang ini, kita telah gelar Pelatihan, terhadap jajaran satuan lalulintas dari seluruh Polres di wilayah hukum Polda Lampung, yang juga diikuti oleh instansi terkait, termasuk 2 Bank yang akan di tunjuk untuk terlibat dalam sistem penerapan E-Tilang ini, yaitu BRI dan BNI”, jelasnya.

BACA JUGA:  Awali Tahun 2020, Nanang Ermanto Resmikan Pembangunan TPA Al Hidayah Jati Agung

Aplikasi E-Tilang ini bisa di download melalui aplikasi pada Android, selanjutnya data pelanggaran lalulintas, akan di input dalam aplikasi E-Tilang oleh petugas, yang sudah terintegrasi dengan instansi terkait, termasuk Bank, dan pelanggar bisa langsung membayar denda, dengan berbagai metode, seperti E-Banking, ATM, atau Tunai, selanjutnya bukti pembayaran, tinggal di tunjukkan, untuk mengambil Barang Bukti yang sempat di sita oleh petugas, baik STNK, atau SIM.

BACA JUGA:  Polsek Menggala Tangkap Pelaku Curat Rumah Perawat

“Dengan sistem E-Tilang, maka masyarakat bisa lebih cepat mengurus pembayaran denda di bank, dengan cara menunjukkan Identitas dan Nomor Registrasi Penilangan, tanpa harus mengikuti proses sidang”, tambahnya.

Pihaknya optimis, jika mendapat dukungan semua pihak, maka sistem E-Tilang ini, akan dapat di berlakukan pada awal tahun 2017 mendatang, sehingga mampu mendukung kinerja Tim Sapu Bersih (Saber), dalam rangka memberantas kegiatan Pungli, khususnya di dalam jajaran satuan lalulintas. (Eko Arif)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Seorang Pemuda Tewas Gantung Diri, Keluarga Tolak Outopsi Jenazah Tegar

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Seorang pemuda (20) tewas gantung diri di belakang rumah korban Desa Karang Anyar, Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *