Senin , Juli 25 2022
Home / Hukum Kriminal / Dugaan Pungli Kepala DKP, Jadi Preseden Buruk Bagi Lampung Timur.

Dugaan Pungli Kepala DKP, Jadi Preseden Buruk Bagi Lampung Timur.

LAMPUNG1.COM, Warga masyarakat mempertanyakan keseriusan Pemerintah Daerah dan Tim Terkait, yang bisa meloloskan UE sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lampung Timur, saat melakukan penilaian seleksi pejabat eselon II B, yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

Karena baru hitungan hari dilantik sebagai Kepala Dinas DKP Lampung Timur, ternyata UE, pada Selasa (13/12) kemarin, justru di jebloskan kedalam penjara, oleh Tim Penyidik Kejaksaan Negeri Lampung Timur, karena diduga terlibat dalam perkara PUNGLI.

BACA JUGA:  Kabupaten Pringsewu Siaga Virus Corona (Corvid-19)

Hi M Soleh, salah satu Tokoh Masyarakat, di Kabupaten Lampung Timur, justru mempertanyakan keseriusan Bupati Chusnunia dan Tim terkaitnya, yang jelas-jelas bisa meloloskan tersangka UE, saat mengikuti seleksi Pejabat Eselon IIB, dan bahkan melantiknya sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung Timur, padahal yang bersangkutan sudah setahun melakukan tindakan yang melanggar hukum.

“Masa sih, Bupati Chusnunia dan Tim enggak tahu, kalo UE itu sedang dalam penyidikan pihak Kejaksaan, sejak tahun 2015 lalu, karena terlibat kasus dugaan Korupsi / Pungli, atau memang pura-pura enggak tau yaa, sehingga kemarin malah dilantik jadi Kadis DKP”, Tegasnya.

BACA JUGA:  Berkat Kerjasama dan Kompak Antara TNI dan Polri, Pemindahan Molen Super Berat Sukses

Pihaknya justru sangat menyayangkan lemahnya kerja tim monitoring yang dilakukan oleh Tim Seleksi Pejabat Esolon II B tersebut, karena dinilai masih bisa kecolongan, atau mungkin justru tidak mau berkoordinasi dengan aparat penegak hukum terkait siapa saja calon pejabat, yang diduga sedang dalam pengawasan aparat hukum.

Sementara Kasi Pidsus Kejari Lampung Timur, M Arief Ubaidillah, menerangkan bahwa Tersangka UE, sebagai Kelapa Dinas Kelautan dan Perikanan, diduga kuat melakukan tindak pidana korupsi, sesuai Undang-Undang No 31 Tahun 1999, dan No 20 tahun 2001.

BACA JUGA:  Bupati Lampung Tengah Tinjau Jembatan Penghubung Kecamatan Seputih Agung-Way Pengubuan

“Modusnya, UE sebagai Kadis DKP Lamtim, melakukan Pungutan Liar (PUNGLI) setuap bulan, sejak tahun 2015 lalu, pada salah satu Perusahaan Es Batu di Lampung Timur, dengan total dana sebesar 100 Juta rupiah”, jelas Kasi Pidsus Kejari Sukadana. (Eko Arif)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Puluhan Pecatur Junior dan Senior Ikuti Turnamen Mustain Cup

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Turnamen catur dalam rangka perebutan piala Mustain cup yang kedua digelar di …

2 comments

  1. harus segera di atasi

  2. pungli ini sangat tidak baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.