Jumat , Januari 1 2021
Home / Ekonomi / IKN Lampung 2016 Tertinggi di Sumatera

IKN Lampung 2016 Tertinggi di Sumatera

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Indeks Ketahanan Nasional (IKN) Provinsi Lampung pada tahun 2016 menempati urutan tertinggi di Sumatera dan urutan ke 6 Nasional, yakni dengan skor 2,86 yang berarti cukup tangguh diatas indeks ketahanan nasional 2,66. Sedangkan skor tertinggi adalah DIY 3,04. Jatim 2,92. Bali 2,91. Jateng 2,90. Kaltim dan Lampung mencapai skor yang sama yaitu 2,86.

IKN di Provinsi Lampung setiap tahunnya mengalami kenaikan. Pada tahun 2013 dengan skor 2,78 (rangking 6), pada tahun 2014 dengan skor 2,82 (rangking7), pada tahun 2015 dengan skor 2,78 (rangking 6) dan tahun 2016 meningkat dengan skor 2,86 (rangking 6).

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional, Prof. Miyasto.

Kepala Bappeda Provinsi Lampung Taufik Hidayat menjelaskan, bahwa diperlukan untuk mendukung keberhasilan pembangunan dalam seluruh aspek kehidupan, seperti penegakan hukum dan ketertiban, terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran, terselenggaranya pertahanan dan keamanan, terwujudnya keadilan hukum dan keadilan sosial, serta terdapatnya kesempatan rakyat untuk mengaktualisasi diri.

Meskipun rata-rata dalam asta grata cukup tangguh namun yang perlu diwaspadai adalah gatra keadaan dan kekayaan alam juga gatra ideologi menempati indeks yang kurang tangguh.

Dalam mensikapi gatra yang kurang tangguh tersebut, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo telah menetapkan program yang diharapkan dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme pada generasi muda Provinsi Lampung melalui Pendidikan Pembangunan yang berkarakter antara lain program Lampung Mengajar, memfasilitasi tumbuh dan kembangnya organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna, Pramuka, FKPPI dan OKP lainnya.

Sedangkan dalam upaya pemanfaatan potensi alam, Gubernur bertekat mewujudkan Provinsi Lampung sebagai lumbung pangan nasional, juga kemandirian energi pada tahun 2019. Disamping itu juga, program dibidang industri pariwisata.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Lampung Sumarju Saeni mengingatkan bahwa trend ancaman saat ini telah bergeser dari tradisional antara lain penjajahan, penindasan dan agresi militer kearah modern antara lain proxy war, cyber warfare, radikalisme global, ketahanan pangan dan ketahanan energi. (Red/KOM)

About admin

Check Also

Ini Harapan Forkopimda Cilacap Dalam Doa Bersama Sambut Tahun Baru 2021

LAMPUNG1.COM,Cilacap – Menjelang pergantian tahun baru 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan Doa Bersama …

5 comments

  1. Alhamdullillah semangatt semoga makin naik peringkat nya

  2. alhamdulilah semga makin naik peringktnya

  3. alhamdulillah semoga semakin naik peringkatnya!! Semangat!

  4. alhamdulillah semoga semakin naik peringkatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *