Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Kesehatan / Pembangunan Kesehatan Lamtim Dari Kuratif Menjadi Preventif dan Promotif

Pembangunan Kesehatan Lamtim Dari Kuratif Menjadi Preventif dan Promotif

LAMPUNG1.COM, Lampung Timur – Kabupaten Lampung Timur mengambil tema “Masyarakat Lampung Timur Hidup Sehat, Indonesia Kuat”, dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 52.

Bupati setempat Chusnunia Chalim mengatakan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (2005-2024), pembangunan kesehatan yang bersifat Kuratif dirubah ke arah upaya kesehatan Preventif dan Promotif.

Saat ini misalnya, kebutuhan dan tantangan kesehatan cukup berbeda dengan masa sebelumnya. Permasalahan kesehatan yang sekarang seperti tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular, dan munculnya kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

BACA JUGA:  Polres Lamsel Musnahkan Barang Haram Narkotika Jenis Shabu, Ganja, Dan Pil Enanim

“Seperti Stroke, merupakan penyakit tidak menular dan menduduki penyakit peringkat pertama di Indonesia,” tegasnya, Rabu, 21/12.

Maka penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, lanjutnya, sudah ditetapkan dengan 12 indikator utama sebagai penanda status kesehatan sebuah keluarga.

Indikator ini terdiri dari mengikuti program Keluarga Berencana (KB), ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, Bayi mendapat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif, dan Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan.

BACA JUGA:  Pembangunan Jalan TMMD Petahunan Akan ā€œDifilmkan"

Selanjutnya adalah penderita Tuberculosis Paru mendapatkan pengobatan sesuai standar, penderita Hipertensi melakukan pengobatan secara teratur, penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan, anggota keluarga tidak ada yang merokok, dan keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Berikutnya adalah keluarga mempunyai akses sarana air bersih, dan keluarga menggunakan jamban yang sehat,” jelasnya lagi.

Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga akan dilaksanakan secara bertahap, dengan target pencapaian pada akhir tahun 2019. Besar harapan seluruh Puskesmas di Indonesia terutama di wilayah Kabupaten Lampung Timur sudah dapat melaksanakannya. (Eko Arif/Yas)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Anggota PWI Pringsewu Harapkan Dalam Konferprov PWI Lampung Ke Depan Tidak Ada Mandat

LAMPUNG1.COM,Pringsewu – Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pringsewu mengharapkan dapat menyalurkan langsung hak pilih …

5 comments

  1. mantap… sehat sehat!!! indonesia sehat!!!!

  2. indonesia sehat!

  3. sehat sehat sehaaaaaaaaaaaaattt!!!!

  4. Ayo sehat !! Indonesia sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *