Kamis , Desember 31 2020
Home / Ekonomi / Petani Keluhkan Turunnya Harga Cabai Merah Keriting

Petani Keluhkan Turunnya Harga Cabai Merah Keriting

LAMPUNG1.COM, Lampung Selatan – Harga cabai merah kriting turun, para petani sangat mengeluhkan biaya produksi yang sangat tinggi.

Dengan turunnya harga cabai merah, sangat merugikan para petani tanaman holtikultura, sedangkan harga cabai merah kriting mencapai Rp. 28000 perkilogramnya.

Menurut Rozi (62), petani cabai asal Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, mengaku, sebelum dirinya panen, harga cabe bisa mencapai Rp.52000 perkilogram dari petani.

“Tanamannya sudah di serang penyakit, harga turun, ini sangat merugikan kami sebagai petani cabai. Ya harapan kami agar pemerintah daerah maupun pemerintah pusat memperhatikan nasib kami para petani tanaman holtikultura seperti tanaman cabe.” ujarnya, kamis (22/12).

Begitu juga Yohanes Widarto (48) petani cabai asal Desa Rawa Selapan, Kecamatan Candipuro, Kabupaten setempat, sangat mengeluhkan tanaman cabainya yang sudah rusak oleh hama penyakit dan ditambah dengan harga yang tidak memihak dirinya sebagai petani cabai.

“Di tempat kami harga cabai merah kriting hanya mencapai Rp. 25000 per kilogram dari petani ke pengepul. Dengan harga segitu, saya sebagai petani tanaman cabai, ya khawatir, bisa pulang modal atau tidak?.” katanya melalui sambungan telepon seluler saat di hubungi dengan wartawan lampung1.com.

Dan ia menambahkan, harga cabai sudah hancur, dan ditambah lagi tanaman cabai ikut hancur oleh hama penyakit.

“Kalau bisa pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, memperhatikan para petani, bagai mana petani mau sejahtera ekonominya kalau harga cabai turun dan turun yang mengakibatkan petani merugi.” tutupnya. (Wandi)

About admin

Check Also

Kepala Badan Litbang Kemendagri Berikan Penghargaan kepada Pegawai Teladan, Produktif dan Berprestasi

LAMPUNG1.COM,JAKARTA – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Badan Litbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni, …

6 comments

  1. bisa nyambel goreng lagii

  2. alhamdulillah bisa gadi cabe :v

  3. alhamdulillah bisa ngejus cabe 😀

  4. alhamdulillah cabe keriting turun.. bisa nyambel banyak banyak nihhh…..

  5. wah kasian sekali para petani:(

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *