Rabu , November 4 2020
Home / Peristiwa / PWI Pesawaran Akan Gelar Sosialisasi Kode Etik Jurnalis Terkait Pemerasan Oknum Wartawan

PWI Pesawaran Akan Gelar Sosialisasi Kode Etik Jurnalis Terkait Pemerasan Oknum Wartawan

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesawaran Erdanizar, mengimbau kepada pejabat tingkat daerah, sekolah dan desa, untuk melaporkan ke pihak berwajib apabila ada oknum wartawan yang melakukan pemerasan.

“Segera laporkan ke pihak berwajib jika ada wartawan yang melakukan pemerasan, karena hal tersebut adalah tindak pidana,” ucap Ketua PWI Pesawaran di ruang kerjanya.

Erdanizar menambahkan, pemerasan yang dilakukan wartawan telah melanggar kode etik jurnalistik dan pada umumnya, mereka berasal dari media yang tidak terdaftar pada Dewan Pers.

“Seharusnya wartawan mengetahui terlebih dahulu kode etik jurnalistik, agar mereka tau apa saja yang diatur dalam kode etik tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut Nizar mengatakan, untuk para pejebat yang bertugas di Kabupaten Pesawaran pun seharusnya tidak perlu takut kalau memang tidak merasa bersalah.

Untuk itu, Erdanizar meminta kepada wartawan yang belum mengikuti sekolah jurnalis agar ikut, guna mengetahui kode etik tersebut dan tidak melanggarnya.

Nizar juga mengatakan, ditahun 2017 mendatang, PWI Kabupaten Pesawaran, akan lakukan sosialisasi kode etik jurnalistik dan UU pers, ke 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten setempat, dengan sasaran Kepala Sekolah dan Kepala Desa guna meminimalisir para oknum-oknum yang mengaku wartawan, untuk memeras para pejabat.

Erdanizar juga menjelaskan, Wartawan yang benar yakni berbadan hukum, ada penanggung jawab yang jelas identitasnya, memiliki wartawan professional, yaitu punya karya jurnalistik yang benar, dan yang jelas telah lulus standar kompetensi wartawan, selain itu juga tergabung dalam organisasi wartawan yang lolos verifikasi oleh Dewan Pers. (ERI)

About admin

Check Also

Satresnarkoba Polres Tuba Tangkap Bandar Narkotika Warga Kampung Agung Jaya

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Tulangbawang tangkap seorang pria berinisial YR …

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *