Selasa , Oktober 19 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Selatan / Asisten Adum Himbau Satker Revisi Perbup Tarif Retribusi Pajak

Asisten Adum Himbau Satker Revisi Perbup Tarif Retribusi Pajak

LAMPUNG1.COM, LAMSEL – Asisten Bidang Administrasi Umum (Adum) Pemkab Lampung Selatan Syamsurijal, mengatakan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Lamsel dalam satu pekan ini sudah melakukan penyusun draf revisi peraturan bupati (Perbup) tentang, penyesuaian tarif retribusi dan pajak daerah.

“Jadi, tidak perlu melakukan revisi Peraturan Daerah (Perda). Sebab, dalam UU No.28/2009 pasal 155 diamanahkan dalam penyesuian tarif dan pajak daerah boleh dilakukan dengan Perbup saja,”ujar dia, Senin (22/1), usai melakukan rapat evaluasi peraturan daerah dan peraturan bupati tentang, pajak dan retribusi daerah.

BACA JUGA:  Garap Jalan Aspal, Warga Bersama Satgas TMMD Kodim Bojonegoro Gotong-Royong

Menurutnya, diharapkan nanti setelah Perbup tentang, pajak dan retribusi daerah di SKPD yang memiliki pajak dan retribusi daerah sudah direvisi. Maka, kedepan sudah dapat dilaksanakan. Hal ini dilakukan dalam upaya peningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dimana, kini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Lampung Selatan banyak yang berubah. Sehingga, perlu adanya revisi Perbup.

“Kemungkinan, hampir semua pajak dan retribusi daerah dimasing-masing SKPD akan naik. Kecuali, retribusi di Dinas Peternakan. Sebab, retribusi rumah potong hewan (RPH) di Lamsel sangat tinggi dibandingkan daerah lain,” kata Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) itu.

BACA JUGA:  Upaya Kaburnya Gagal, 1 dari 2 Tersangka Begal, Babak Belur Di Amuk Warga.

Lebih lanjut dia, menjelaskan untuk retribusi RPH di Kabupaten Lampung Selatan mencapai Rp60 ribu/ekor. Ini dinilai sangat tinggi, jika dibandingkan RPH di daerah lain. Oleh karena itu, perlu dilakukan revisi Perbup-nya.
“Untuk itu, retribusi RPH yang ditangani oleh Dinas Peternakan (Disnak) harus disesuaikan. Kemungkinan, itulah salah satu penyebab target retribusi dari sektor RPH pada tahun 2016 tidak tercapai,” jelasnya. (pranata.).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

10 Cabang PSHT Sumsel Resmi Di Lantik

Lampung1.com,Pali – “Kepengurusan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dilantik secara serentak Kabupaten/Kota se- Sumatera Selatan,  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *