Minggu , November 28 2021
Home / Ruwa Jurai / Mesuji / Harga Karet Mulai Naik, Petani Bergembira

Harga Karet Mulai Naik, Petani Bergembira

LAMPUNG1.COM, Mesuji – getah karet di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, naik dari Rp8.000/kg menjadi Rp9.000/kg.
Kenaikan harga getah karet sejak dua hari lalu itu, disambut gembira oleh para petani pekebun karet di Kabupaten Mesuji, Jumat (6/12).

Salah seorang pekebun karet di wilayah yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan, Jarjono (45), mengatakan kenaikan harga getah karet itu membuat petani setempat bergairah kembali.

“Setidaknya sudah ada titik terang dari dua hari ini saat harga karet terus mengalami kenaikan. Hanya saja akhir-akhir ini produksi getah karet masih sangat rendah sebagai dampak dari musim trek atau musim pohon karet sedang berdaun,” katanya lagi.

BACA JUGA:  Pekerja Proyek Jalan Tol Sumatera Pematang Panggang-Kayu Agung Tewas Tenggelam Disungai Tuba

Pekebun karet di wilayah Kecamatan Simpangpematang, Mesuji, mengaku sangat antusias menyambut tiba waktu menimbang getah karet itu, seperti tampak di Desa dan Kecamatan Way Serdang.

Pekebun karet terlihat gembira membawa hasil produksinya menuju pusat penjualan getah karet itu.

“Kalau kemarin-kemarin itu harga karet memang selalu merosot, dan tidak mengembirakan bagi kami saat harga karet turun, tapi masuk awal tahun 2017, kami bahagia karena harga getah karet naik,” ujar Supriyadi, pekebun karet di Mesuji itu pula.

BACA JUGA:  Desa Donomulyo Bangun Gorong-Gorong, Dengan Dana Desa

Dia mengatakan meskipun kenaikan harga getah karet itu tidak langsung melonjak, setidaknya dengan kenaikan harga itu dapat membuat pekebun karet di Mesuji bertambah bergairah untuk mengolah karet yang dihasilkan.

Menurut para pekebun itu, harga getah karet normal biasanya mencapai Rp9.000 per kg. Sedangkan getah karet kualitas paling rendah dihargai sekitar Rp8.000/kg.

“Mudah-mudahan harga ini bisa bertahan atau bertambah naik lagi,” ujarnya.

BACA JUGA:  Masyarakat Batam Berharap Pemerintah Pantau Peredaran Gas.3 kg di Lapangan

Sebelumnya harga getah karet sempat jatuh pada angka kurang dari Rp4.000 per kg, sehingga masyarakat petani/pekebun karet setempat banyak yang bersedih dan nyaris beralih ke komoditas lainnya.(tinus)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Jaring Atlit Muda, BMI Pesawaran Support Liga U-11 dan Liga U-13 To Palembang

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Pesawaran mendukung liga kategori U-11 dan U-13 Dream to …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING