Senin , Desember 16 2019
Home / Ruwa Jurai / Kasi Pendaftaran Tanah BPN Tuba Diduga Menerima Pungli

Kasi Pendaftaran Tanah BPN Tuba Diduga Menerima Pungli

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang – Sebagaimana telah diberitakan berkali-kali bahwa pungli pelayanan pembuatan sertifikat tanah di Kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) Provinsi Lampung sangat parah dengan nominal yang mencengangkan. Terutama pungli dalam pelayanan pembuatan sertifikat tanah prona disetiap tahun anggaran.

Namun rupayanya pungli yang terjadi pada Kantor BPN Tuba bukan hanya terjadi pada pelayanan pembuatan sertifikat prona gratis, namun juga pada setiap Pelayanan pembuatan Sertifikat non Prona.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Hzn (Hazairin), Kasi Pendaftaran Tanah Kantor BPN Tuba Provinsi Lampung. Hzn dipergoki  Helmi sedang menerima uang pungli sebesar Rp. 200 Ribu dalam berkas pengajuan sertifikat tanah yang diantarkan oleh seorang stafnya pada Rabu pagi (18/1).

Sebagaimana yang diceritakan Helmi, seorang warga Kampung Kibang Kelurahan Menteng Kecamatan Menggala kepada tim LAMPUNG1.COM, Helmi pada Rabu pagi tersebut bersama Azwari seorang LSM menemui Kasi Pendaftaran Tanah Hzn. Baru saja duduk dan belum sempat menjelaskan tujuan kedatangannya, tiba-tiba seorang Staf BPN lainnya masuk sambil membawa berkas Pendaftaran Sertifikat.

Mengetahui adanya berkas yang disampaikan anak buahnya ini, Hzn langsung membuka berkas dalam maf berwarna merah, setelah maf pengajuan Sertifikat itu dibuka semua menjadi kaget, karena didalam maf berwarna merah itu tidak hanya berisi berkas pengajuan Sertifikat tetapi ada juga 2 lembaran Uang Kertas seratus ribu rupiah.

Melihat kejadian yang sangat tidak diduga ini, Helmi langsung mengambil HP blackberry dan memvidiokan peristiwa pungli yang saat ini sedang diberantas oleh Presiden RI.
Melihat gelagat yang tidak menguntungkan dan sangat-sangat memalukan ini, Hzn langsung menghilang dari rekaman vidio Helmi. Dan ketika hal ini ingin dikonfirmasikan kepada Hazairin, Kasi Pendaftaran Tanah ini sudah tidak berada di Kantor BPN setempat. Dan ketika ditanyakan kepada Masli penjabat Kasubag TU Kantor Pertanahan setempat tidak dapat menjawabnya.

Dengan adanya peristiwa yang sangat memalukan ini Azwari sebagai seorang anggota LSM untuk menindak tegas oknum Kasi Pendaftaran tanah ini.

“Saya minta hal memalukan seperti ini ditindak tegas, bila tidak maka akan menjadi preseden buruk bagi gerakan Saber Pungli yang dicanangkan Presiden Jokowi.” Ujar Azwari tegas. (Yahya Affyt).

2,287 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About admin

Check Also

Jalin Silaturahmi Pemerintah dan Perbankan, Gubernur Arinal Buka Turnamen Golf HUT BRI ke-124 di Padang Golf Sukarame

LAMPUNG1.COM, BANDARLAMPUNG — Demi menjalin silaturahmi Pemerintah dan Perbankan, dalam hal ini Bank Rakyat Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!