Kamis , Januari 27 2022
Home / Peristiwa / Limbah Pabrik ILP Mencemari Lingkungan

Limbah Pabrik ILP Mencemari Lingkungan

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang – Limbah pabrik gula PT. ILP (Indo Lampung Perkasa) diduga mencemari lingkungan. Hal ini diketahui saat beberapa Wartawan mengikuti perjalanan dinas Plt. Bupati Tulang Bawang (Tuba) ke Kecamatan Gedung Meneng pada Kamis (26/1).

Sekitar 100 meter dari pabrik gula PT. ILP, ada lebung (rawa) yang diduga berisi limbah pabrik gula PT. ILP dipinggir Jalan Poros Km. 49.

BACA JUGA:  Kades Gunung Sari: Tersangka Pembunuhan Jarang Pulang & Tidak Jelas Pekerjaannya

Ketika melewati kawasan Lebung yang diduga berisi limbah dari ILP ini berbau busuk menyengat yang tercium saat didalam mobil yang ditumpangi oleh tim LAMPUNG1.COM

Dan ketika tim LAMPUNG1.COM melihat Lebung tersebut, maka akan terlihat secara kasat mata adanya unsur limbah yang berasal dari pabrik ILP.

Selain airnya berbusa dengan warna yang sangat keruh, terlihat pula tanaman dan rumput-rumputan mati meranggas akibat air limbah dari pabrik gula ILP.

BACA JUGA:  Halangi Tugas Jurnalis, Kapolres Lampung Barat Sayangkan Sikap Arogansi Plt Kasatpol PP dan Damkar Pesisir Barat

Selain pencemaran air limbah yang membahayakan kehidupan hayati, PT. ILP dan PT. SIL (Sweet Indo Lampung) juga mencemari udara karena sistem panen kedua Perusahaan gula milik Suger Group Compeny memakai sistem pembakaran saat panen.

Karena pencemaran air limbah dan pencemaran udara merupakan pelanggaran terhada UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup nomor 32 Tahun 2009, serta pelanggaran Undang-Undang Perkebunan nomor 39 Tahun 2014 yang demikian masiv dan berkesinambungan; Maka sudah seyogyanya pemangku kepentingan dinegeri ini melakukan audit kepada PT. ILP dan SIL ini. (Yahya Affyt).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Kebakaran Hanguskan Venetian Familly Karaoke Metro

LAMPUNG1.COM, Peristiwa kebakaran terjadi di bangunan Venetian Familly Karaoke Kota Metro, pada Rabu (26/1) malam. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.