Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Peristiwa / Perjuangan Chandra Hartono Untuk Masyarakat Belum Berakhir

Perjuangan Chandra Hartono Untuk Masyarakat Belum Berakhir

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang Barat – Perjuangan Chandra Hartono cs. dalam memperjuangkan hak masyarakat Tiyuh Penumangan Kecamatan TBT (Tulang Bawang Tengah) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubara) belum berakhir.

Chandra Hartono, seorang aktifis hukum asal Menggala terlihat mondar-mandir di Kantor Kejaksaan Negeri Tulang Bawang (Tuba) dan PN (Pengadilan Negeri) Menggala.
Keberadaan Chandra Hartono di Kantor Kejari dan PN Menggala ini dalam rangka membela Badri bin Mat Hasan, seorang Warga Kampung Penumangan TBT yang menjadi Tersangka karena dilaporkan PT. HIM (Huma Indah Mekar), Perusahaan Perkebunan Karet milik Bakrie Brothers.

BACA JUGA:  WVI dan Komnas Perlindungan Anak Gelar Pelatihan Anak Dalam Situasi Sulit

Menurut Chandra Hartono kepada Tim LAMPUNG1.COM ketika ditemui di Rumah Makan Dahlia depan Damkar Menggala (13/1), Badri bin Mat Hasan dikriminalisasi oleh PT. HIM karena nderes karet milik pribadi warga setempat.

Kriminalisasi sebagaimana yang dialami Badri bin Mat Hasan ini bukan kali pertama terjadi, tetapi sudah Ratusan warga diperkarakan baik secara perdata dan pidana. Hal ini merupakan efek dari sengketa tanah seluas 150 Ha. antara warga Kampung Penumangan dengan PT. HIM.

BACA JUGA:  Bupati dan Wabup Tuba Buka Bersama Seluruh Elemen dan Para Tokoh

Perkara sengketa tanah antara PT. HIM dengan warga Kampung Penumangan ini bermula dari Gugatan Perdata masyarakat melalui Chandra Hartono dan Nurul Hidayah SH. sejak tahun 2007 lalu, yang dimenangkan oleh masyarakat sampai Putusan MA yang telah berkekuatan Hukum Tetap.
Namun sampai saat ini PN Menggala tidak melakukan eksekusi dan hanya menetapkan sita jaminan karena PT. HIM melakukan Gugatan balik kepada masyarakat setempat.

BACA JUGA:  Sekolah Dasar Dijadikan Sasaran, Berikan Motivasi Kepada Anak

Kriminalisasi kepada Badri bin Mat Hasan ini menurut Chandra Hartono telah ia Laporkan sampai ke Propam Mabes Polri, LPSK, Jamwasgung, Komisi Kejaksaan dan Komnas HAM. Tetapi perkara Kriminalisasi terhadap Badri bin Mat Hasan tetap berlanjut sampai ke PN Menggala. (Yahya Affyt).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Warga Teluk Pandan Kembali Serbu Vaksin Sinovac Dinkes, Camat Apresiasi

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Ratusan warga Kecamatan Teluk Pandan di Kabupaten Pesawaran kembali serbu vaksinasi massal tahap satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *