Sabtu , Oktober 16 2021
Home / hukum / Silang Pendapat Kasus Pidana Pemilukada Khamami

Silang Pendapat Kasus Pidana Pemilukada Khamami

LAMPUNG1.COM, Simpang Pematang – Polres Mesuji tolak pengembalian berkas perkara Calon Bupati Mesuji Khamami oleh Kejaksaan Negeri Menggala.

Pasalnya, pengembalian perkara oleh kejaksaan sudah dilakukan satu kali sehingga dinilai menyalahi prosedur Undang – undang (UU) dan kesepakatan bersama.

Kapolres Mesuji AKBP. P Puji Sutan mengatakan, tidak diterimanya pengembalian berkas oleh kejaksaan yang kedua kalinya tidak lain karena berdasarkan UU dan kesepakatan bersama tersebut tidak boleh dilakukan hingga yang kedua kalinya oleh pihak kejaksaan, hal itu tentunya akan menyalahi aturan dan kesepakatan bersama.

“Pengembalian berkas pertama sudah dilakukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) karena berkas perkara belum lengkap dan meminta tambahan 4 saksi ahli, yakni saksi alih KPU, Kemendagri, Bawaslu Pusat dan Ahli Hukum Tatat Negara dan itu sudah kita lengkapi bahkan berkas tersebut sudah dikembalikan kepihak kejaksaan,”jelas Puji saat jumpa pers di Polsek Simpangpematang, kemarin (27/1).

BACA JUGA:  Sejak Pra, Personil Polsek Aktif terlibat di TMMD Petahunan

Dikatakan Kapolres, pengembalian berkas pertama perkara untuk Khamami sudah diajukan kembali kejaksaan bahkan telah ditetapkan sebagai tersangka, tetapi pihak kejaksaan kembali mengembalikan berkas tersebut.

“Seharusnya pihak kejaksaan tidak lagi mengembalikan berkas perkara tersebut kekami, berkas menurut kesepakatan bersama antara Gakumdu dan UU berkas hanya dilakukan cuma sekali dan itu seharusnya ada dikejaksaan bukan dengan kami lagi, untuk itu, kami tidak menerima pengembalian berkas yang kedua oleh pihak jaksa,” tegas Puji yang diamini Ketua Panwaslu Mesuji Apri kemarin.

Dipaparkan Puji, untuk perkara kasus nomor dua saat ini sudah di JPU dimana calon nomor dua sudah ditetapkan menjadi tersangka dengan pidana kampaye diluar jadwal, mengunakan fasilitas negara dan memberikan suatu janji, dan kasus tersebut murni pelanggaran tindak pidana Pilkada.

“Dari hasil penyidikan dan pelimpahan berkas tersebut kepihak Kejaksaan maka JPU berkas itu yang ditandatangani oleh Plt. Kejari, dikembalikan lagi, padahal berkas pertama sudah kita lakukan perbaikan, tetapi kemarin ada pengembalian berkas kembali oleh JPU namun itu tidak kami terima karena sesuai UU dan aturan bersama cuma bisa menerima satu kali berkas sehingga kami tolak,” jelasnya.

BACA JUGA:  Melalui TMMD 106, Kodim 0422 Lampung Barat Beri Penyuluhan Tentang Teroris dan Paham Radikal Kepada Masyarakat

Dipaparkannya, Pengembalian berkas yang kedua kali ini oleh JPU karena JPU menganggap berkas yang pertama masih ada yang kurang padahal saat pengembalian berkas yang pertama sudah kami lengkapi, maka pengembalian berkas kedua kami tidak bisa menerimanya karena itu sudah dilengkapi oleh penyidik.

“Pengembalian berkas pertama didalam kasus pilkada itu telah dilengkapi, akan tetapi menurut Jaksa masih ada kekurangan empat keterangan tambahan saksi ahli, padahal dalam UU apabila ada kekurangan dapat diusulkan dalam proses persidangan atau pradilan nanti,” tegasnya.

BACA JUGA:  Zaiful Bokhari : "Laksanakan APBD Sesuai Aturan"

Menurut kami, hasil penyidik yang dilakukan tidak ada kekurangan lagi karena berkas perkara itu dilimpahkan dengan kesepakatan bersama. Pembentukan Gakumdu tentu tujuannya sudah jelas yakni untuk meminalisir adanya perbedaan.

Sementara saat ditanya terkait Kasus yang menimpa Calon Wakil nomor urut satu M. Adam Ishak, sejauh mana proses hukum yang sudah dilakukan Polda Lampung, dengan tegas Puji mengatakan, untuk berkas calon wakil bupati Adam sudah disidik bahkan telah dilimpahkan Kepolda Lampung bahkan telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tindak umum.

“Kasus pidana untuk nomor satu itu sudah dilimpahkan ke Polda Lampung bahkan calon wakil nomor urut 1 juga sudah ditetapkan sebagai tersangka dengan perkara tindak pidana umum yakni pengeroyokan dan pemungkulan terhadap Calon nomor urut dua,“ tukasnya sembari mengatakan untuk lebih lanjut silahkan hubungi Polda Lampung. (Yahya Affyt – Rizal).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Warga Teluk Pandan Kembali Serbu Vaksin Sinovac Dinkes, Camat Apresiasi

LAMPUNG1.COM, PESAWARAN-Ratusan warga Kecamatan Teluk Pandan di Kabupaten Pesawaran kembali serbu vaksinasi massal tahap satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *