Kamis , Oktober 28 2021
Home / Pemerintahan / Dukcapil Tuba Jadi Penghalang Partisipasi Masyarakat

Dukcapil Tuba Jadi Penghalang Partisipasi Masyarakat

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang – salah satu penghalang partisipasi masyarakat untuk berpatisipasi dalam Pilkada Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) adalah Dinas Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil) yang berperan menerbitkan KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Ternyata menjelang 1 hari Pencoblosan tanggal 15 Februari besok, masih ada ribuan warga masyarakat Tuba yang belum memiliki KTP Elektronik sebagai syarat menjadi Pemilih pada Pilkada serentak 2017.

Menurut Ketua LSM Azwari didepan Pirhadi Kepala Dinas Dukcapil Tuba (13/2) setidaknya ada 50 ribu warga masyarakat setempat yang tidak mempunyai KTP Elektronik.
“Jadi gini pak masyarakat ini jangan dipersulit untuk membuat KTP, staf Bapak menyatakan Kadis tidak ada, ternyata Bapak ada. Inikan namanya menghambat-hambat,” ujar Azwari dengan nada tinggi.
“Ini bukan kesalahan masyarakat, ini kesalahan Pemerintah seharusnya Pemerintah jemput bola”, ujar Azwari lagi dengan protes kerasnya.

BACA JUGA:  Mbah Narjo Tukang Batu yang Masih Eksis Dilokasi TMMD Reg-109 Jatiwarno

Sayangnya Kadis Pirhadi tidak merasa bersalah sedikitpun, karena menurut Pirhadi ini permasalahan sudah lama. “Inikan sudah lama, sebenarnya ini kesalahan Pusat, sudah lama alat-alat ini rusak tetapi semua wewenang Pusat.” ujar Pirhadi seperti tidak bersalah sama sekali. Inilah kendalanya, Silahkan saja sebelum jam 12 masyarakat bisa saja ikut milih, yang penting sudah dicoklit,” ujar Pirhadi menyederhanakan permasalahan.

Untuk diketahui DPT Tuba yang sudah di-tetap-kan dalam Pleno KPU kemarin hanya 297.251 Pemilih, karena kurangnya kinerja Dinas Dukcapil setempat maka masih ada puluhan ribu warga yang tidak dapat berpatisipasi dalam Pencoblosan pada 15 February besok karena tidak mempunyai KTP Elektronik. (Yahya Affyt).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Wakil Bupati Lantik 2 Kepala Dinas Di Lampung Timur

LAMPUNG1.COM, Wakil Bupati Hi Azwar Hadi, memimpin prosesi Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING