Senin , Juli 25 2022
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Gubernur Lampung Berikan Bantuan Kepada Karang Lansia/Posyandu Lansia Di Desa Hanura

Gubernur Lampung Berikan Bantuan Kepada Karang Lansia/Posyandu Lansia Di Desa Hanura

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung, Perhatian Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo tidak hanya terhadap Karang Taruna yang beranggotakan para pemuda namun juga terhadap Karang Lansia yang beranggotakan para Lanjut Usia (Lansia).

Salah satu perhatiannya adalah pemberian bingkisan sembako sebanyak 200 paket kepada anggota Karang Lansia/Posyandu di Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran pada hari Minggu 5 Februari 2016 di Balai Desa Hanura.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni atas nama Gubernur Lampung dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan nasional pada hakekatnya bertujuan terciptanya kondisi kesejahteraan sosial masyarakat yang makin membaik dan usia harapan hidup semakin meningkat. Usia harapan hidup di Provinsi Lampung masih dibawah nasional.

Usia harapan hidup (UHP) tertinggi di Provinsi Lampung tercatat 69,66 tahun. Sedangkan Di Kota Metro dengan UHP tertinggi mencapai 70,98 tahun diikuti Kota Bandar Lampung 70,55 tahun. Sedangkan yang terendah ada di Kabupaten Pesisir Barat yang hanya 61,74 tahun, Kabupaten Lampung Barat 66,02 tahun dan Kabupaten Mesuji yang 67,05 tahun.

BACA JUGA:  Kodim 0410/KBL Serta Warga Melaksanakan Renovasi MCK di Kelurahan Garuntang Pada TMMD 109

Dengan kegiatan ini diharapkan para Lansia dapat menikmati hidup diusia senja dengan sehat, ceria dan bahagia sehingga dapat terwujud harapan kita semua yakni “tua berguna dan berkualitas.

Disampaikan oleh Sumarju bahwa kita wajib memberikan perhatian para lansia agar dapat mengambil pengetahuan, pengalaman dan kearifannya dalam pembangunan maupun kehidupan ini.

Upaya peningkatan kesejahteraan sosial bagi lanjut usia pada hakekatnya merupakan pelestarian nilai nilai keagamaan dan budaya bangsa.

BACA JUGA:  Alami Kerugian Negara, Kades Kresno Widodo Ditetapkan Tersangka

Bahwa permasalahan yang dihadapi para lanjut usia utamanya yang menonjol adalah masalah kesejahteraan dan lebih khusus adalah masalah kesehatan. Oleh karena itu dengan kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan sosial para lanjut usia di masa tua agar dapat menikmati kebahagiaan dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga ataupun di masyarakat.

Sementara itu Camat Teluk Pandan, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran M.Yuliardi dalam sambutannya mengatakan bahwa Karang Lansia/Posyandu Lansia di Desa Hanura ini berdiri pada tanggal 4 Maret 2005, kegiatan ini lahir dari kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebersamaan oleh karena itu segala sesuatunya masih berdasarkan swadaya seperti seragam senam, menu tambahan, dll. Sedangkan pemeriksaan dilakukan oleh UPTD Kesehatan Kabupaten Pesawaran.

BACA JUGA:  Inilah Sambutan Tertulis Masyarakat dan TNI di Lokasi TMMD Reguler Banyumas

Kegiatan Karang Lansia/Posyandu di Kecamatan Teluk Pandan sebanyak 5 kelompok. Sedangkan di Desa Hanura kegiatannya dilaksanakan sebulan sekali yakni pada tanggal 4 pada setiap bulannya dengan diikuti oleh peserta sebanyak 167orang. Kegiatan rutinnya yakni senam lansia, menu tambahan gizi dan pemeriksaan kesehatan.

Ketua Karang Lansia/Posyandu Lansia Desa Hanura; Maryono menginformasikan bahwa kelompok ini telah memiliki taman lansia sedang keperluan yang sangat mendesak yaitu tabung gas (membantu pernafasan) sebanyak 2 unit namun pada tahun 2017 telah diprogramkan oleh Pemerintah Desa.

Diinformasikan juga hadir dalam acara ini yaitu Ketua Tim Penggerak PKK Kec.Teluk Pandang Ny. Yuliardi, Kepala UPT Kesehatan Nazlina Mayanti, Kepala Desa Hanura Chodri Cahyadi dan anggota Karang Lansia/Posyandu Lansia. (red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Puluhan Pecatur Junior dan Senior Ikuti Turnamen Mustain Cup

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Turnamen catur dalam rangka perebutan piala Mustain cup yang kedua digelar di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.