Kamis , Oktober 28 2021
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Juniardi : Humas Polri Harus Mampu Bangun Citra Polri Melalui Media

Juniardi : Humas Polri Harus Mampu Bangun Citra Polri Melalui Media

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Humas Polri adalah jembatan penting yang menghubungkan media dengan polisi. Keberadaan Humas adalah sebagai penyampai informasi kepada masyarakat melalui media massa.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Lampung, Juniardi SIP, MH, saat memberikan pembekalan pelatihan media dan Public Speaking, kepada para Kabag Humas Polres, se Polda Lampung, di Studio LPP TVRI Lampung,

“Bidang humas adalah merupakan unsur pelaksanaan staf khusus yang bertugas menyelenggarakan fungsi kehumasan, melalui penyampaian berita atau informasi serta kerja sama dengan media massa dalam rangka pembekalan opini masyarakat yang positif bagi pelaksanaan tugas Polri, itu kunci awal, bahwa humas membangun citra positif,” kata Juniardi.

BACA JUGA:  Dorong Vaksinasi, Aleg PKS Widada Serap Aspirasi Warga Dapil 3

Humas juga bertugas melaksanakan penerangan internal untuk pemerataan informasi di lingkungan Polri, juga menyelenggarkan peliputan, monitoring produksi dan pembuatan dokumentasi semua pemberitaan yang berkaitan dengan tugas dan kebijakan pimpinan Polri. Apalagi, kata Juniardi, kemajuan teknologi, dan perkebangan cyber yang pesat dan tak terbendung. Era ini, humas Polri harus juga mampu menjadi penyeimbang Hoax.

Artinya, lanjut Juniardi, “Humas Polri juga bekerja mirip dengan pers, hanya lingkupnya internal. Karena enjalankan fungsi fungsi penyelengaraan penerangan yang meliputi pengelolahan dan penyampaian informasi, termasuk kerja sama media massa, memberikan informasi kepada masayarakat tentang hukum peraturan yang berlaku atau kejadian gangguan kamtibmas yang terjadi di wilayah masing masing,” kata Juniardi, yang juga memberikan tips mengatasi wartawan abal-abal, dan membuat rilis berita .

BACA JUGA:  Pengrajin Binaan Dekranasda Lampung Produksi Masker Industri Rumah Tangga

Menjadi pengampu fungsi kehumasan di lingkungan Polri tidaklah ringan. Jadi dibutuhkan personil yang mempunyai wawasan dan skil mumpuni agar produk yang dihasilkan satuan bisa sampai ke masyarakat dan menjadi berita yang positif yang endingnya akan meningkatkan kredibilitas Polri di mata masyarakat.

“Idealnya, pimpinan harus memperhatikan humas, karena dibutuhkan untuk memajukan Polri. Janganlah Humas Polri di isi oleh personil yang bermasalah ataupun personil yang hampir purna bakti, jika demikian humas Polri akan hidup segan matipun tak mau,” katanya.(Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Karang Taruna Lamteng Ajak Pemuda Semangat Membangun Daerah Dengan langkah Yang Nyata

LAMPUNG1.COM,Lampung Tengah – Karang Taruna Lampung Tengah (Lamteng) ajak pemuda peringati Hari Sumpah Pemuda 28 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PEMBANGUNAN DESA SUKAJAYA LEMPASING