Sabtu , Oktober 16 2021
Home / hukum / Kadis Tenaga Kerja : “Tidak Ada Penyekapan Calon TKI Di Lampung Timur”.

Kadis Tenaga Kerja : “Tidak Ada Penyekapan Calon TKI Di Lampung Timur”.

LAMPUNG1.COM, Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan PT Sumber Manusia Rajin (SMR) selaku Perusahaan sponsor Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS), membantah adanya penyekapan Calon TKI di Kabupaten Lampung Timur, seperti informasi yang sempat beredar di media massa, senin (6/1) kemarin.

Rini Yusmeta warga Labuhan Ratu VI, Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, salah seorang Calon TKI, PT SMR mengaku selama menjalani penampungan sebelum berangkat ke Taiwan, tidak merasa disekap oleh PPTKIS, karena menurutnya selama lebih dari 2 bulan menunggu calon TKI bebas keluar masuk penampungan.

“Setiap sabtu dan minggu, kami di izinkan untuk keluar penampungan bahkan pulang kerumah,” terang Rini saat di temui di Kantor Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Lampung Timur, pada Selasa (7/2).

BACA JUGA:  Padamnya Mesin Molen Saatnya TNI Satgas TMMD Istirahat

Menurutnya mencuatnya kabar adanya penyekapan setelah Nila salah seorang Calon TKI asal Lampung Tengah, mengadu ke Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI), dimana berkat laporan tersebut, SBMI menjemput mereka di Penampungan dan di bawa ke kantor SBMI.

“Kami memang di jemput dan di bawa ke SBMI,” kata Rini didampingi rekannya Calon TKI lainnya.

Sementara penangung jawab PT SMR, Fitriani mengatakan, bahwa selama ini tidak pernah melakukan penyekapan terhadap CTKI, dirinya mengakui bahwa, belum diberangkatkannya Calon TKI di sebabkan karena ada masalah administrasi dengan adanya scorsing PPTKIS ditingkat pusat.

“Izin operasional dan izin penampungan masih berlaku, hanya karena ada faktor Scorring, maka kita tidak bisa memberangkatkan Calon TKI, untuk sementara waktu”, jelasnya.

BACA JUGA:  How to Choose the Finest Research Paper Writing Service Online

Ditambahkannya, informasi CTKI yang beredar juga tidak benar, dimana disebutkan ada 9 orang. Sesungguhnya yang terdaftar di hanya 6 orang terdiri dari 4 wanita dan 2 pria, dan pada saat penjemputan oleh pihak SBMI, tidak berkoordinasi ke pada pihak perusahaan.

“Saat penjemputan saya tidak mengetahui meski kantor dan tempat penampungn bersebelahan, karena saya tidak di temui, mereka”, tegasnya.

Lebih lanjut, dengan tertundanya pemberangkatan CTKI, PT SMR tidak akan menghalangi Calon TKI yang akan mundur atau membatalkan rencananya ke luar negeri.

“Berkaitan dengan berkas atau dokumen mereka, sudah kami kembalikan, namun terkait dengan masalah administrasi kami meminta batas waktu, tidak lebih dari 10 hari”, tambahnya.

BACA JUGA:  Tumpukan Keramik Sudah Siap Digunakan

Sementara Kepala Dinas Koprasi UKM dan Tenaga Kerja, Budi Yull Hartono, mengatakan setelah menerima informasi dugaan penyekapan tersebut, pihaknya langsung melakukan penelusuran dan menghubungi PPTKIS.

Dari hasil penelusuran tim, ternyata tidak ada tindakan penyekapan yang dilakukan oleh perusahan, kepada para calon TKI, bahkan para clon TKI ini di berikan kebebasan keluar masuk penampungan.

“Jadi tidak benar kalau ada berita penyekapan Calon TKI,” terang Budi Yull.

Sama halnya yang disampaikan oleh Kasat Reskrim Polres Lampung Timur, AKP Devi Sujana mendampingi Kapolres Lampung Timur, AKBP Harseno, bahwa hasil investigasi jajarannya, tidak ada keterangan dari pihak calon TKI, yang merasa ada tindakan penyekapan oleh pihak perusahaan. (Riz / Eko Arif)

Baca Artikel Menarik di LV

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Kejar Target Vaksinasi Covid-19, Polda Lampung Dan Jajaran Buka Layanan Vaksinasi Setiap Hari

LAMPUNG1.COM,Bandar Lampung —Sinergitas TNI-Polri- Pemerintah Daerah serta dukungan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung, Persatuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *