Minggu , Juli 17 2022
Home / Ruwa Jurai / Lampung Selatan / Komisi II DPR RI dan Direktur Utama Holding Bumdes Kunker ke Lamsel

Komisi II DPR RI dan Direktur Utama Holding Bumdes Kunker ke Lamsel

LAMPUNG1.COM, Lampung Selatan – Kunjungan kerja Komisi II DPR RI Budiman Sujatmiko, dan Direktur Utama Holding Bumdes Eddy Limantoro ke Kabupaten Lampung Selatan, dalam rangka pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) antar Desa di Kabupaten Lampung Selatan.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh lampung1.com, Kunjungan kerjanya Komisi II DPR RI Budiman Sujatmiko dari Fraksi PDIP, mengatakan, Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.38/2015 tentang, percepatan pembangunan insfrastruktur. Dimana, Kabupaten Lampung Selatan memiliki wilayah yang strategis. Apalagi, di sini ada Pelabuhan Bakauheni. Keinginan Pemkab Lampung Selatan ingin terlibat dalam pembangunan industri. Maka, tidak menutup kemungkinan pembangunan industri bisa melibatkan BUMN dan BUMDes.

BACA JUGA:  Sejumlah Warga Garuntang Membantu TNI Rehap MCK Bapak Nur Tajali

“Nanti, ada dari Jakarta, Perkumpulan Aparatur Desa Seluruh Indonesia (Pardesi) dan temen-temen dari Kabupaten Tulang Bawang yang sudah berpengalaman dalam memberikan pelatihan pembentukan BUMDes antar desa. Dalam BUMDes antar desa itu nanti bisa dilakukan usaha sektor komoditi pertanian, pariwisata dan dermaga untuk pariwisata. Kami disini hanya memberikan pelatihan-pelatihan saja. Sebab, yang lebih tahu persisnya apa yang bakal difokuskan sektor usahanya adalah Kabupaten Lampung Selatan.” Kata Budiman Sujatmiko, rabu (1/2).

BACA JUGA:  TMMD 110 Bojonegoro, Kumpul Di Balai Desa Ngrancang Tambakrejo

Dan Ia (Budiman-red) menambahkan dalam pelatihan pembentukan BUMDes antar desa ini nanti yang akan diberikan pelatihan adalah para Kepala Desa, Tokoh Pemuda dan eks pasilitator Program Nasional Pembangunan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP).

Ditempat yang sama Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, mengemukakan bahwa, Pemkab Lampung Selatan sangat mendukung, apa yang dilakukan oleh Komisi II DPR RI dalam memberikan pelatihan pembentukan BUMDes, tentunya lebih dahulu didukung dengan Peraturan Desa (Perdes)-nya. Ini dilakukan dalam rangka agar tidak sampai terjadi kesalahan dalam pembentukan BUMDes, maka perlu dibuatkan peraturan desanya.

BACA JUGA:  DPRD Bojonegoro Apresiasi Program TMMD Bojonegoro Di Desa Ngrancang Dan Jatimulyo

“Tujuan awal pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dimaksudkan untuk mendorong atau menampung seluruh kegiatan peningkatan pendapatan masyarakat, baik yang berkembang menurut adat Istiadat dan budaya setempat, maupun kegiatan perekonomian yang diserahkan untuk di kelola oleh masyarakat melalui program atau proyek Pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah. Secara spesifik, pendirian Bumdes adalah untuk menyerap tenaga kerja desa, meningkatkan kreatifitas dan peluang usaha ekonomi produktif mereka yang berpenghasilan rendah.” Kata Bupati Zainudin. (Wandi)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Bersama Kejari, Pemkab Lamsel Gelar Pesta Rakyat

LAMPUNG1.COM, Lamsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Selatan menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.