Selasa , Oktober 19 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Selatan / Lima Bulan Cuaca Exstrim Nelayan Di Kalianda Enggan Melaut

Lima Bulan Cuaca Exstrim Nelayan Di Kalianda Enggan Melaut

LAMPUNG1.COM,Lamsel – Cuaca exstrim yang terjadi di perairan selat sunda dalam lima bulan terakhir membuat sejumlah nelayan yang biasnya sandar di TPI Dermaga Bom Kalianda enggan melaut. Akibat nya harga ikan dipasaran  melambung tinggi.

Sarjudin yang sehari hari berprofesi sebagai penampung ikan hasil tangkapan Nelayan di TPI Dermaga Bom Kalianda mengaku, sudah hampir lima bulan dirinya tidak mendapatkan pasokan ikan dari Nelayan.  Untuk memenuhi kebutuhan ikan Dirinya terpaksa harus membeli di wilayah Muara Baru  Jakarta.

BACA JUGA:  Bersinergi Dengan Kepolisian, TNI Hadirkan Mobil Tanki Air Untuk Warga yang Kekeringan

“Sudah hampir lima  bulan kami para pedagang ikan di Kalianda ini tidak mendapatkan pasokan ikan dari Nelayan”, kata Sarjudin, Senin (13/2).

Diakui Sarjudin saat ini,  harga ikan yang dijual di  dipasaran cukup tinggi, yakni mencapai harga Rp 60 ribu  hingga Rp 70 Ribu, itu untuk jenis Ikan Simba karena harga beli di Muara Baru juga sudah tinggi.

“Kalau Nelayan disini bisa melaut untuk harga jenis Ikan Simba kisaran Rp 40 ribu  satu kilogram. Karena ikan yang ada saat ini dari jakarta, belinya sudah mahal terpaksa kita jual dengan konsumen juga agak mahal”, kata dia.

BACA JUGA:  Operasi Patuh Krakatau 2018 di Way Kanan Tingkat Kesadaraan Pengendara Masih Rendah.

Selain harga ikan, harga Cumi-Cumi jga mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Saat ini harga Cumi yang dijual para pedagang  di Pasar mencapai Rp.70.OOO. sebelumnya harga Cumi tersebut hanya di jual dengan harga Rp. 3O.OOO.

“Tidak hanya ikan yang mengalami kenaikan, Cumi-cumi juga mengalami kenaikan yang cukup drastis, mencapai 7O.OOO.”, ujar Sarjudin yang mengaku sudah puluhan tahun jadi pedagang ikan itu.(Nata)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Sekdaprov Lampung Buka Capacity Building Penyusunan dan Evaluasi Laporan TPID Provinsi Lampung

LAMPUNG1.COM,Bandar Lampung — Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, membuka acara Capacity Building Penyusunan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *