Rabu , Oktober 20 2021
Home / Ruwa Jurai / PMII Way Kanan Gelar Seminar Agraria Pencegahan Konflik Pertanahan

PMII Way Kanan Gelar Seminar Agraria Pencegahan Konflik Pertanahan

LAMPUNG1.COM, Way Kanan – Pengurus cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Waykanan melakukan seminar agraria bertemakan pencegahan konflik pertanahan/agraria di Kabupaten Waykanan, pada Selasa (28/2), di Aula Kecamatan Baradatu Kabupaten Waykanan.

Sebagai sumber agraria yang paling penting, tanah merupakan sumber produksi yang sangat dibutuhkan sehingga ada banyak kepentingan yang membutuhkannya. Perkembangan penduduk dan kebutuhan yang menyertainya semakin tidak sebanding dengan luasan tanah yang tidak pernah bertambah, yang berakibat timbul sengketa, konflik, dan perkara pertanahan.

BACA JUGA:  Kasus Pengrusakan Rumah Ketua DPC AWPI Berlanjut

Konflik agraria ini pun tak luput sering terjadi di Kabupaten Waykanan. Maka dari itu PMII Kabupaten Waykanan menggelar seminar guna menambah pengetahuan terhadap masyarakat khususnya di Kabupaten Waykanan mengenai pentingnya pemahaman penyelesaian konflik agraria.

Hadir dalam kegiatan ini, Staf Ahli Firdaus, dari BPN Endi Purnomo bagian konflik dan perkara pertanahan, Camat Baradatu, Kapolsek Baradatu, Lurah dan Kepala Kampung se-Kecamatan Baradatu, serta peserta seminar agraria.

BACA JUGA:  Dang Ike-Kanjeng dr zam berpeluang di tetapkan calon pilwakot Bandar lampung

Acara dibuka oleh Camat Baradatu Arie Anthony Thamrin, selanjutnya pihak BPN memberikan pemaparan mengenai pertanahan, agraria, serta penyelesaian permasalahan konflik terhadap pertanahan, dilanjutkan dengan sesi tanyajawab dengan para peserta seminar.

Edi Purnomo menyampaikan pentingnya seminar seperti ini adalah untuk menambah pemahaman terhadap masyarakat. Konflik pertanahan adalah suatu hal permaslahan yang sangat kronis yang sering terjadi, jadi harus ada kearifan kedua belah pihak yang bersengketa serta duduk bersama dengan media-media terkait agar dapat diselesaikan dengan baik.

BACA JUGA:  Gubernur Ridho: Guru Agama Islam Jantung Pembentukan Karakter

Staff Ahli bagian ekonomi Kabupaten Waykanan Firdaus memberikan apresiasi kepada mahasiwa dan mahasiswi yang tergabung di PMII Kabupaten Waykanan, lantaran telah berani mendorong terselenggaranya seminar mengenai konflik agraria pertanahan, karena pada umumnya masyarakat masih bingung dalam penyelesaian sengketa tanah, tapal batas, serta permasalahan sertifikat yang sering timpang tindih. (Azhari/Ferry)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Miris !!! Oknum PNS Dinas PP&PA Kab Tubaba Abaikan Pelindung Hak Anak

Lampung 1.com,Tubaba – Melanjutkan pemberitaan sebelumnya terkait dengan oknum PNS Dinas PP & PA Tubaba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *