Sabtu , Januari 29 2022
Home / Peristiwa / Prona Kampung Panca Tunggal Jaya Kecamatan Penawar Aji, Tuba Diduga Dijadikan Ajang Pungli

Prona Kampung Panca Tunggal Jaya Kecamatan Penawar Aji, Tuba Diduga Dijadikan Ajang Pungli

LAMPUNG1.COM, Tulang Bawang – Salah satu Kampung yang mengikuti Prona (Program Nasional) Sertifikat Tanah tahun 2016 adalah Kampung Panca Tunggal Jaya (PTJ), Kecamatan Penawar Aji Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) sebanyak 200 Bidang.

Berdasarkan penelusuran tim LAMPUNG1.COM, bahwa masyarakat Kampung PTJ yang ikut dalam Prona 2016 yang lalu diduga dijadikan ajang Pungli oleh Tony Murat, Kepala Kampung PTJ.

Beberapa warga Kampung Panca Tunggal Jaya Kecamatan Penawar Aji mengaku ditarik dana Rp. 800 ribu oleh Wiyono Ketua RK 7. Hal ini diungkapkan oleh beberapa orang warga SP7 Kampung PTJ.

BACA JUGA:  Bupati Minta Izin Warga Tempati Rumah Dinas

Lebih jauh menurut warga masyarakat setempat, cara bayar yang ditetapkan untuk warga Kampung setempat dengan tiga kali angsuran, bayar pertama Rp. 300 ribu, angasuran kedua Rp. 200 ribu dan pelunasan Rp. 300 ribu.
Kwitansi pembayaran dibuat oleh Ketua RK, namun setelah Sertifikat jadi kwitansi tersebut dikumpulkan kembali.

Untuk diketahui bahwa adanya Program Nasional Sertifikat tanah ini untuk membantu rakyat miskin yang sudah dibiayai oleh anggaran APBN Tahun 2016 melalui Kantor Pertanahan Tuba. Maka adanya pungutan yang ditetapkan oleh Kepala Kampung kepada masyarakat Kampung PTJ sebesar Rp. 800 ribu per-bidang dapat dikategorikan Pungutan Liar (Pungli).

BACA JUGA:  Hari Indonesia Menabung 2020, Gubernur Arinal Kenalkan Digital Banking kepada Masyarakat Lampung

Ketika hal ini dikonfirmasikan kepada Toni Murat (6/2) melalui sambungan selulernya, Kepala Kampung PTJ ini tidak mengangkatnya. (Yahya Affyt).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Kabid Propam Polda Lampung kunjungi Mapolres Lampung Utara

LAMPUNG1.COM,┬áLampung Utara,- Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam) Polda Lampung Kombes.Pol M.Syahran S.I.K., M.H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.