Selasa , Januari 18 2022
Home / Peristiwa / Air Sungai Meluap, Sawah Terancam Gagal Panen

Air Sungai Meluap, Sawah Terancam Gagal Panen

LAMPUNG1.COM, Pesawaran – Hujan deras yang mengguyur desa Teba Jawa kecamatan Kedondong dari pukul 13.00wib hingga 17.00wib minggu (26/3), mengakibatkan luapan air sungai yang sangat besar dan deras, sehingga membuat sawah terancam gagal panen.

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Arman salah satu warga desa Teba Jawa.

“Penyebab dari besarnya luapan air adalah kiriman air dari tambang batu ilegal wilayah pantis dan pendangkalan sungai serta penyempitan aliran sungai,” jelas Arman yang aktif sebagai pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat​ (LSM) Garda Kabupaten Pesawaran.

BACA JUGA:  Biaya Prona Tinggi, DPRD Waykanan Panggil Sejumlah Kepala Kampung

Sungai yang berada dipenghujung kecamatan Way Lima desa Cimanuk dan desa Teba Jawa kecamatan Kedondong ini, “sangat sering terjadinya luapan air walau hanya hujan sebentar, kalau sudah terjadi mendung, kami yang bertempat tinggal di dekat sungai ini selalu merasa dihantui akan terjadinya banjir,” ujarnya.

Harapan dari warga masyarakat khususnya desa Teba Jawa ini terhadap pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui dinas terkait “agar segera mengupayakan diturunkannya alat berat untuk  pengerukan sungai, karena sungai ini sudah sangat dangkal,” jelasnya.(Eri)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Tujuh Orang Tersangka Penyalahgunaan Sabu Di Tangkap

LAMPUNG1.COM, Tanggamus – Polsek Wonosobo dibackup Tekab 308 dan Satresnarkoba Polres Tanggamus menangkap sekaligus tujuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *