Senin , Januari 4 2021
Home / Kesehatan / dr. Edi Winarso dan Kepala Tiyuh Makarti Sepakati Buat Aikon Tiyuh Relawan Donor Darah

dr. Edi Winarso dan Kepala Tiyuh Makarti Sepakati Buat Aikon Tiyuh Relawan Donor Darah

LAMPUNG1.COM, Tuba Barat – Wakil Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) dr Edi Winarso dan kepala tiyuh Makarti beserta masyarakat menyepakati membuat aikon menjadi tiyuh relawan donor darah, Rabu,(01/03/2017).

Demi mensejahterakan masyarakat dalam hidup sehat , PMI Kabupaten Tulang Bawang Barat berseta aparatur Tiyuh Makarti menyepakati ikon relawan donor darah di tiyuh setempat .

Donor darah itu menyehatkan, Karena setiap diambil darah, tubuh akan bereaksi membuat darah baru, apalagi kalau bisa dilakukan secara rutin 3 bulan sekali, akan lebih bagus lagi karena sirkulasi darah baru dibuat terus.

Mengawali sambutan dr Edi Winarso menerangkan kepada masyarakat Tiyuh Makarti, “donor darah itu penting, baik itu untuk si pendonor maupun untuk yang menerima darahnya,” ujarnya

Dan untuk diketahui, bahwa menjadi relawan donor darah sebanyak 100 kali berturut-turut akan mendapatkan penghargaan yang disampaikan langsung oleh Presiden, 75 kali oleh Gubernur dan 50 kali oleh Bupati.

“Maksimal 3 bulan sekali paling cepat melakukan donor darah. Tidak boleh kurang dari itu agar tubuh kita memiliki kesempatan untuk memproduksi darah baru,” terangnya.

Menurut Edi, sampai saat ini sudah ada sekitar 150-200 kantong darah perbulannya dari relawan donor darah ada di Tubaba. Sedangkan untuk kedepan PMI Tubaba, akan memprogram relawan per kampung. Dari program itu, PMI Tubaba menargetkan dari 96 kampung/desa yang ada di Tubaba, paling tidak ada sebanyak 20 relawan per kampung/desanya.

“Bila program ini berjalan maka kebutuhan darah di setiap kampung akan dapat dipenuhi oleh tetangga sekitar. Dengan demikian tidak ada lagi pasien meninggal karena kekurangan darah yang disebabkan kurang seriusnya PMI dalam menggalang donor darah,” tandasnya.

Dalam hal ini, Edi juga menyampaikan bahwa masyarakat yang ingin menjadi relawan donor darah dapat menghubungi pihak PMI 24 jam.

Maka dari itu di Tiyuh Makarti kita sepakati kepada kepala tiyuh dan masyarakat setempat  membuat aikon tiyuh Relawan Donor Darah .

Turut hadir dalam acara tersebut , wakil ketua PMI DR Edy winarso , beserta setaf , Kepala Tiyuh Makarti dan aparatur tiyuh setempat,”pungkasnya (taufik).

About admin

Check Also

Bupati Pringsewu Serahkan DPA Tahun Anggaran 2021

LAMPUNG1.COM,Pringsewu – Mengawali hari kerja perdana di tahun 2021, diserahkan DPA Tahun Anggaran 2021 dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *