Sabtu , Januari 29 2022
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / Gubernur Lantik Himpunan HPDKI Lampung

Gubernur Lantik Himpunan HPDKI Lampung

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Sebagai daerah basis Ketahanan Pangan dan Lumbung Ternak Nasional terus berupaya membuat kebijakan-kebijakan dalam rangka mendukung Pembangunan Peternakan Lampung yang sukses. Tidak hanya sukses untuk mencapai swasembada daging, namun juga mampu meningkatkan kesejahteraan peternak.

Disampaikan M.Ridho Ficardo Gubernur Lampung dalam acara Musda II sekaligus pelantikan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Provinsi Lampung Periode 2017-2022 di Balai Keratun, Rabu (08-03-2017).

Dalam arahannya Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengatakan, pembangunan Peternakan di Provinsi Lampung sebagai salah satu usaha mensejahterakan rakyat melalui pemenuhan protein hewani, sudah tentu tidak hanya mengandalkan komoditas sapi potong. Komoditas lain pun patut dikembangkan. Seperti unggas, kambing, domba, dan aneka ternak Iainnya.

BACA JUGA:  Percepat Pengerjaan Teras Aladin Rumah Pasi Oleh Satgas TMMD Bojonegoro

Lebih lanjut Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengatakan bahwa di Provinsi Lampung terdapat 13 feedloter atau perusahaan penggemukan sapi potong dengan kapasitas kandang 117.700 ekor. Khusus ternak kambing, terjadi peningkatan populasi pada tahun 2016 menjadi 1.313.287 ekor dari tahun sebelumnya sebanyak 1.252.402 ekor.

Selain itu, menurutnya program-program yang terkait dengan peningkatan populasi, produksi mutu ternak dan efisiensi usaha tani terus dilakukan dengan pengembangan inovasi dan introduksi teknologi peternakan. Salah satunya Program program UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) yang dicanangkan Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

BACA JUGA:  Menjelang Penutupan, Pemeriksaan Kesehatan oleh Tim Medis dari Desa dan Satgas TMMD Masih Dilakukan

Dikatakan Karo Humas dan Protokol Bayana, dalam arahan Wakil Ketua HPDKI Pusat H. M.Djamil Biari Djambek mengatakan bahwa potensi peternakan kambing di Lampung begitu besar, Lampung termasuk dalam 7 Provinsi Penghasil Daging kambing terbesar di Indonesia.

“Untuk memenuhi kebutuhan daging kambing nasional maka diminta kepada peternak melakukan trobosan dengan dibantu oleh HPDKI serta pemerintah. Indonesia juga akan mengambil peran terhadap pemenuhan kebutuhan kambing dunia, beberapa negara adalah pangsa pasar bagi peternak ditanah air”, tambahnya.

BACA JUGA:  Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan Membuka Muscab III Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Setempat

Ditambahkan oleh Kabag Humas dan Komunikasi Publik Heriyansyah dalam laporan Ketua HPDKI Provinsi Lampung Periode 2017-2022 Hasrat E. di hadapan Gubernur dan Pengurus, HPDKI telah membentuk Duta Peternakan Lampung, Duta Peternakan Domba & Kambing Lampung, Duta Gizi Peternakan Lampung dalam rangka mencari solusi terhadap permasalahan peternakan Domba & Kambing di Provinsi Lampung.

“Diharapkan Duta-Duta Peternakan Lampung dapat membantu kerja Pemerintah dan HPDKI untuk memajukan Pembangunan Peternakan di Provinsi Lampung”, harapnya. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Kapolresta Barelang Pimpin Langsung Konferensi Pers Pengungkapan Kasus TPPO

lampung1.com,Batam – Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH Pimpin langsung Konferensi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.