Senin , Oktober 25 2021
Home / Nasional / KPUD DKI Jakarta Dilaporkan ke DKPP

KPUD DKI Jakarta Dilaporkan ke DKPP

LAMPUNG1.COM, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta Sumarno dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Sumarno diduga melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu menyusul pertemuannya dengan Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Tempat Pemungutan Suara 29, Kalibata, Jakarta Selatan, pada saat pemungutan suara ulang Pilkada DKI Jakarta (19/2/2017).

“Tidak semestinya, Sumarno selaku penyelenggara Pilkada bertemu dengan salah satu calon si TPS. Bukannya mengusir, Sumarno malah membiarkan saja, bahkan ketawa-ketiwi dan berpelukan”, ungkap Adhel Setiawan, Sekjen Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi didampingi anggotanya saat dimintai keterangan di kantor DKPP, Jl MH Thamrin, Jakarta (8/3/2017).

BACA JUGA:  Refani Man Of The Match, Giga FC Menang 5-4 Atas Tuan Rumah

Pelanggaran lain yang dilaporkan adalah dugaan pembiaran oleh KPUD DKI atas kisruh Daftar Pemilih Tetap yang akibatnya ribuan warga DKI Jakarta tak dapat menggunakan hak suaranya. “Ribuan masyarakat melapor ke Rumah Lembang, bahwa mereka tidak bisa nyoblos”, tutur Adhel pula.

Berdasarkan rilis yang diterima wartawan lampung1.com, para pelapor juga mengadukan dugaan adanya kedekatan khusus antara Sumarno dengan Anies Baswedan. “Berdasarkan kode etik, kedekatan ini semestinya diumumkan oleh Sumarno,” terang Adhel.

BACA JUGA:  Perwakilan Dispenad Sambangi Lokasi TMMD 106 Malang Batu

Terakhir, mereka juga melaporkan tindakan Sumarno yang memasang foto profil demo 212 pada akun jejaring sosial Whatsapp miliknya. “Semua orang tahu, bahwa demo 212 itu meminta supaya Ahok dipenjara. Ahok itu kan salah satu calon Gubernur DKI Jakarta”.
Adhel menilai bahwa Sumarno mendukung demo itu dengan memasang foto profil tersebut. ” Ini sangat tidak etis”, tegas Adhel.

Laporan mereka telah diterima dengan nomor pengaduan No.87/VI-P/L-DKPP/2017. Jika pengaduan mereka ditemukan unsur pelanggaran etika, maka DKPP akan menggelar sidang laporan tersebut. “Insya Allah, bukti-bukti dan argumen kami kuat, dan kami minta DKPP memecat Sumarno”, pungkas Adhel. (AS).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Seorang Pencuri Menyerahkan Diri Ke Mapolsek Melinting

LAMPUNG1.COM, Seorang tersangka dugaan tindak pidana pencurian, menyerahkan diri ke Mapolsek Melinting, Kabupaten Lampung Timur. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *