Senin , Oktober 25 2021
Home / Ekonomi / Pembangunan Sektor Pertanian Lampung Tertinggi di Sumatera

Pembangunan Sektor Pertanian Lampung Tertinggi di Sumatera

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Pertumbuhan ekonomi Lampung berada diatas pertumbuhan ekonomi nasional, pada tahun 2016 sebesar 5,15 persen, dan Lampung tertinggi se-Sumatera periode 2014- 2016.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadist saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo ketika membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Sub Sektor Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung Tahun 2017 yang dilaksanakan di Hotel Horison Lampung, Kamis (22/03).

BACA JUGA:  DPRD Tuba Gelar Paripurna LKPJ Bupati TA 2016

Keberhasilan pembangunan tanaman pangan dan hortikultura akan berdampak langsung terhadap perekonomian sebagian besar masyarakat Lampung. Bila dilihat dari indikator tingkat pendapatan melalui Nilai Tukar Petani (NTP), pembangunan sektor pertanian Provinsi Lampung pada Febuari 2017, menunjukkan kinerja yang cukup baik, yaitu sebesar 104,19 persen tertinggi di Sumatera dan diatas NTP Nasional, yaitu 100,3.

Lebih lanjut, dijelaskan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum, bahwa Provinsi Lampung terus berupaya untuk terus mendorong peningkatan produksi, mutu dan daya saing produk pertanian tanaman pangan dan hortikultura. Dalam RPJM Tahun 2005-2025 telah diamanatkan bahwa kita harus mewujudkan kemandirian produksi pangan.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Gandeng Travelindo Dalam Promosi Wisata Lampung

“Sebagaimana diketahui bersama sumbangan sektor pertanian terhadap PDRB Lampung Tahun 2016 berdasarkan BPS Lampung adalah sebesar 31,45%. Selain itu sektor pertanian masih merupakan lapangan pekerjaan utama bagi sebagian besar penduduk Lampung, yaitu 48,8 persen dari total penduduk Provinsi Lampung sebesar 8.177.191 Jiwa. Dengan demikian membangun dan mengembangkan pertanian tanaman pangan dan holtikultura merupakan prioritas bagi Provinsi Lampung,”ujarnya.

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana acara juga dihadiri oleh Karo Perencanaan Kementerian Pertanian RI, SKPD Provinsi Lampung, katua KTNA, dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Seorang Pencuri Menyerahkan Diri Ke Mapolsek Melinting

LAMPUNG1.COM, Seorang tersangka dugaan tindak pidana pencurian, menyerahkan diri ke Mapolsek Melinting, Kabupaten Lampung Timur. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *