Jumat , Desember 6 2019
Home / ADV / Pemerintah Propinsi Lampung Apresiasi Kegiatan Musrenbang Kota Metro.

Pemerintah Propinsi Lampung Apresiasi Kegiatan Musrenbang Kota Metro.

LAMPUNG1.COM, Pemerintah Kota Metro menggelar agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Metro Tahun 2018, yang berlangsung di Gedung Wisma Al-Khairiyah Kota Metro (01/03/2017).

Sebelum mengawali kegiatan, Walikota Metro dan Wakil Walikota Metro, bersama dengan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, mengunjungi pameran yang diadakan langsung di lokasi agenda tersebut.

Kepala Bappeda Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo, dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan penyelenggaraan Musrenbang Kota Metro ini, adalah sebagai forum antar pemangku kepentingan (stakeholder) pembangunan di Kota Metro, dalam rangka memberikan pemikiran, saran, dan masukan untuk program pembangunan tahun 2018.

Termasuk isu strategis, tema dan program prioritas pembangunan, serta rencana struktur APBD Tahun 2018, setelah menjaring pemikiran, saran dan masukan seluruh stakeholder pembangunan, tentang program prioritas pembangunan, sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Metro Tahun 2018.

Tema Musrenbang kali ini adalah “Pembangunan Sumberdaya Manusia dan Infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan”. Dengan prioritas pembangunan tahun 2018 diantaranya, meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang berdaya saing, meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan, meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui reformasi birokrasi, mengembangkan perdagangan, industri, koperasi, dan UKM sebagai upaya peningkatan kapasitas perekonomian daerah, mengembangkan pertanian untuk mendukung ketahanan pangan daerah.

Dalam sambutannya, Walikota Metro, Achmad Pairin, mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Musrenbang, yang notabene merupakan tahapan akhir penjaringan aspirasi, bagi perencanaan tahun 2018 di tingkat Kota Metro.

“Kami, seluruh jajaran Pemerintah bersama DPRD Kota Metro, telah mengikuti rangkaian Forum Konsultasi Publik, mulai dari Musrenbang tingkat Kelurahan, tingkat Kecamatan dan Forum Gabungan SKPD”, ungkapnya.

Achmad Pairin mengajak semua pihak bekerja sama memperkuat perekonomian local, melalui peningkatan kualitas kelembagaan koperasi, UMKM, dan revitalisasi pasar tradisional.

“Keterbatasan yang kita miliki harus dijadikan sebagai kekuatan untuk menjadi kreatif dan inovatif, dalam menciptakan lapangan kerja, selain itu, perkembangan teknologi, harus dimanfaatkan untuk menciptakan usaha yang produktif”, jelasnya.

Pemerintah daerah juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas dukungan dan peran serta semua pihak, pada forum Musrenbang RKPD Kota Metro Tahun 2018 ini, dan semoga momentum ini dapat menampung aspirasi, dalam rangka mewujudkan Metro yang lebih baik, dengan masyarakatnya yang sejahtera.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Hery Suliyanto, menyatakan Forum yang berlangsung di Gedung Wisma Al-Khairiyah Kota Metro tersebut terasa sangat istimewa, mengingat Musrenbang RKPD Kota Metro merupakan pelaksanaan musrenbang paling awal dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Hery mengatakan, terdapat empat agenda pokok yang disampaikan dalam Musrenbang Kota Metro ini, yakni tentang pentingnya memelihara dan memperkokoh keselarasan kebijakan pembangunan antar jenjang pemerintahan ; kemudian tantangan dan isu strategis pembangunan Provinsi Lampung ;

Selanjutnya, terkait dengan sinergi kebijakan pembangunan nasional dan Provinsi Lampung tahun 2018 ; serta tentang langkah strategi perencanaan dan program pembangunan yang perlu dilanjutkan oleh Pemerintah Kota Metro dalam perspektif pembangunan Provinsi Lampung.

Sementara pada Sidang Pleno, disampaikan beberapa agenda, antara lain tentang penyampaian rancangan awal RKPD Kota Metro tahun 2018, penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD Kota Metro, paparan Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Diskusi dan tanya jawab, dan ditutp dengan penandatanganan berita acara kesepakatan musrenbang. (ADV)

13,880 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

About Eko Arif

Hidup Itu, Harus Bermanfaat Buat Orang Lain.

Check Also

Kapolsek Bumi Agung Terima “Kado” Senpi Rakitan

LAMPUNG1.COM, Kepala Desa Donomulyo, Mulyani, menyerahkan Senjata Api (Senpi) Rakitan berikut 2 butir peluru, ke …

2 comments

  1. Mantap buat kota metro

  2. sukses buat kota metro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!