Selasa , Oktober 19 2021
Home / Ruwa Jurai / Lampung Selatan / Pemprov Lampung Apresiasi Pembangunan Arboretum ITERA

Pemprov Lampung Apresiasi Pembangunan Arboretum ITERA

LAMPUNG1.COM, Lampung SelatanĀ – Pemerintah Provinsi Lampung mengapresiasi pembangunan Arboretum ITERA yang merupakan bagian dari Kebun Raya Lampung. Arboretum dengan luas 2 ha tersebut merupakan bagian dari Kebun Raya Lampung seluas 150 ha yang akan ditanami 5000 bibit pohon, diantaranya 43 jenis tanaman langka seperti Pohon Trembesi, Damar, Bungur, Agathis, Cemara Laut, Mahoni, Gmelina, Tanjung dan Bambu.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, saat mendampingi Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) LHP yang diwakili oleh Direktur Konservasi Tanah dan Air. Mochamad Firman, beserta Wakil Rektor Institut Sumatera Sukrasno saat meresmikan Arboretum ITERA dan sekaligus menghadiri Seminar Nasional memperingati Hari Hutan dan Pohon Sedunia dengan Tema “Hutan dan Pohon Sebagai Jantung Kehidupan Planet Bumi”, di Gedung LPPMC ITERA, Selasa (21/03).

BACA JUGA:  Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H Kapolres Labuhanbatu Monitoring Kesedian Dan Harga Bahan Pokok

Dalam Sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, menjelaskan Arboretum kedepan diharapkan mampu menambah keragaman hayati dan ruang terbuka hijau di Provinsi Lampung. Keberadaan Arboretum dapat dimanfaatkan sebagai wisata edukasi dan kegiatan ilmiah lainnya.

Dalam kesempatan ini, Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) LHP yang diwakili Direktur Konservasi Tanah dan Air Mochamad Firman, menjelaskan bahwa bertepatan dengan Hari Hutan Internasional tanggal 21 Maret diharapkan mampu meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya keberadaan pohon dan hutan. Dengan adanya Arboretum ITERA mampu menjadi ruang terbuka hijau bagi masyarakat Lampung.

BACA JUGA:  ICD Panen Tanaman Sorgum

Sementara itu, Wakil Rektor Institut Sumatera Bidang Non Akademik Prof. Dr. Sukrasno, M.S menambahkan, ITERA berkomitmen besar untuk mampu membentuk green kampus. Sehingga kedepannya masyarakat Lampung mampu merasakan manfaatnya, karena wilayah hijau merupakan jantung dari dunia.

Diinformasikan Kepala Biro Humas dan Protokol Bayana, pada kesempatan ini dilakukan penanaman pohon yang dilakukan oleh seluruh peserta seminar dan pengamatan matahari sunspot dan solar flare.

BACA JUGA:  Bukit Watu Kumpul Banyak Dikunjungi Warga Setelah Ada TMMD

Turut hadir, perwakilan Bupati Lampung Selatan, perwakilan Walikota Bandar Lampung, Dinas Kehutanan, Dinas Pariwisata, Dinas Balitbang, Perwakilan Perguruan Tinggi Negeri/swata, Perwakilan Korem 043/Gatam, Kepala Sekolah SMP/SMA, MAPALA Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, Mahasiswa/i ITERA. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Sekdaprov Lampung Buka Capacity Building Penyusunan dan Evaluasi Laporan TPID Provinsi Lampung

LAMPUNG1.COM,Bandar Lampung — Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, membuka acara Capacity Building Penyusunan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *