Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Nasional / Puluhan Petani Protes Dengan Aksi Cor Kaki di Depan Istana Negara

Puluhan Petani Protes Dengan Aksi Cor Kaki di Depan Istana Negara

LAMPUNG1.COM, Jakarta – Aksi cor kaki oleh 50 petani dari kawasan Pegunungan Kendeng, Jawa Tengah, di depan istana negara masih berlanjut hingga Minggu (19/3/2017).

Aksi yang dilakukan sejak Senin (13/3/2017) itu, sebagai bentuk protes kepada Presiden Joko Widodo. Mereka menuntut izin penambangan karst PT. Semen Indonesia yang diterbitkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dicabut karena merusak lingkungan hidup.

Jumlah petani yang ikut mengecor kaki dengan semen terus bertambah.

BACA JUGA:  Grebek Arena Judi Sabung Ayam, Polsek Sukadana Amankan 5 Unit Motor

“‎Sampai sekarang masih banyak yang mau ikut mengecor kaki, tapi sementara kami tahan dulu. Sekarang warga yang dicor kakinya dari petani Kendeng,” kata Koordinator Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng, Joko Prianto, di Lembaga Bantuan Hukum Jakarta, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Ketika ditemui, para petani sudah dibawa ke kantor LBH Jakarta untuk beristirahat.

Peserta aksi tersebut berasal dari sejumlah daerah, di antaranya Rembang, Pati, Grobogan, Kudus, dan Blora.

BACA JUGA:  Jelang Penutupan, Satgas TMMD 109 Mulai Lakukan Finishing

Aksi yang dinilai berbahaya itu, juga didampingi tim yang melayani konsumsi makanan dan minum serta kesehatan mereka. Bahkan, untuk urusan buang air.

“Setiap hari peserta aksi diperiksa kesehatannya tiga kali oleh dokter. Ada dokter yang bersolidaritas membantu cek kesehatan warga ini,” tutur dia.

Joko menambahkan aksi tersebut akan terus berlanjut sampai Presiden Jokowi bersedia menerima mereka dan memutuskan mencabut izin Semen Indonesia di Rembang.

BACA JUGA:  Toko Pie Pisang Khas Lampung Kecewakan Konsumennya

“Kami akan terus melakukan aksi ini sampai pak Presiden Jokowi mau mendengarkan kami, dan menghentikan pabrik Semen di Gunung Kendeng,” kata dia. (AS).

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

Anggota PWI Pringsewu Harapkan Dalam Konferprov PWI Lampung Ke Depan Tidak Ada Mandat

LAMPUNG1.COM,Pringsewu – Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pringsewu mengharapkan dapat menyalurkan langsung hak pilih …

One comment

  1. Mana ktnya memperjuangkan wongcilik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *