Kamis , Januari 20 2022
Home / Ruwa Jurai / Kota Bandar Lampung / PWI Keluarkan 4 Pernyataan Terkait Kasus Salah Tangkap Wartawan

PWI Keluarkan 4 Pernyataan Terkait Kasus Salah Tangkap Wartawan

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Terkait persoalan salah tangkapnya wartawan Trans Lampung Yudi Indrawan oleh Anggota Polres Pesawaran, pengurus PWI Cabang Lampung menggelar rapat yang dipimpin oleh Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian. Rapat berlangsung di Balai Wartawan, Senin (20/03).

Dalam rapat tersebut, diketahui terdapat empat poin keputusan. Pertama, wartawan, media, dan organisasi wartawan akan menyatakan sikap resmi atas kekecewaan perlakuan aparat terhadap wartawan yang sedang menjalankan tugas jurnalistik, khususnya yang terjadi pada wartawan Translampung Yudi Indrawan saat meliput peristiwa.

BACA JUGA:  Wagub Chusnunia Chalim Pimpin Rapat Pleno TPAKD Provinsi Lampung Semester I

Kedua, Kapolda Lampung Irjen Pol. Sudjarwo diminta mengklarifikasi dan berkomitmen menuntaskan persoalan ini. Lantaran, banyak wartawan yang merasa dilecehkan profesinya atas peristiwa yang dialami Yudi Indrawan.

Ketiga, hingga masalah ini selesai PWI Lampung sepakat wartawan diminta tak menulis berita dari pihak kepolisian yang ada di Lampung. Keempat atau terakhir, PWI Lampung bersama semua insan pers akan mengawal proses hukum yang dilaporkan Yudi Indrawan ke Propam Polda Lampung.

BACA JUGA:  Bersama 3 Pilar Babinsa Lakukan Ini

Supriyadi Alfian mengatakan, PWI Lampung berusaha membela bahkan melindungi para anggotanya yang kadang memang rawan terhadap perlakuan tak senonoh dari pihak lain. PWI Lampung menyayangkan tindakan polisi Polres Pesawaran yang melakukan penangkapan terhadap Yudi tanpa alasan jelas.

Seperti yang telah banyak diberitakan oleh berbagai media, Yudi Indrawan wartawan Trans Lampung saat meliput peristiwa perusakan Polsek Tegineneng beberapa waktu lalu ikut ditangkap bersama tersangka lain oleh Anggota Polres Pesawaran, padahal Yudi telah menunjukan kartu identitasnya. Setelah melalui rangkaian pemeriksaan, di Mapolres Pesawaran, Yudi Indrawan baru dilepaskan oleh pihak kepolisian.

BACA JUGA:  Aksi Curanmor Terjadi Di Jabung, Lampung Timur

Setelah kejadian, Yudi langsung melaporkan kejadian penangkapan dirinya ke Propam Polda Lampung dengan didampingi Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian.

Menurut Supriyadi, meski sudah dilepaskan, pihak kepolisian tetap harus mengklarifikasi kejadian tersebut, lantaran profesionalitas profesi wartawan telah diperlakukan bak tersangka kejahatan. (Red)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

4 Mobil Tangki di Police Line, Pihak Polda Kepri Belum Bisa Beri Komentar

LAMPUNG1.COM,┬áBatam – Empat (4) unit mobil tangki pengangkut solar industri terparkir dan diberi Police Line …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *