Kamis , Januari 13 2022
Home / Agama / Umat Hindu di Kabupaten Mesuji Gelar Upacara Melasti

Umat Hindu di Kabupaten Mesuji Gelar Upacara Melasti

LAMPUNG1.COM, Mesuji – Umat Hindu di Kabupaten Mesuji menggelar upacara melasti menyambut hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939. Pelaksanaan upacara melasti digelar dua lokasi, yakni di Simpang Pematang dan Way Serdang.

Menurut Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mesuji, I Komang Sutiaka, upacara melasti ini merupakan salah satu rangkaian acara untuk menyambut datang nya hari raya Nyepi. Setelah melasti, selanjutnya akan di gelar upacara Tawur Agung Kesanga yang akan di warnai dengan pengarakan ogoh-ogoh, dan pelaksanaan Catur Bratha Nyepi pada keesokan harinya.

BACA JUGA:  Pemkab Segera Gelar Sosialisasi Narkoba dan Trapiking

Pada puncak rangkaian hari raya Nyepi, lanjutnya, nanti nya akan di gelar Dharma Shanti Nyepi yang di laksanakan di Pura Kahyangan Puseh di Desa Gedung Ram pada 9 April 2017 mendatang dan akan di hadiri Bupati Mesuji, Khamami.

“Upacara melasti di Mesuji pada hari ini di pusatkan di dua lokasi, yaitu di Simpang Pematang yang di ikuti sekitar 600 umat dan di Way Serdang yang di ikuti sekitar 1.600 umat.

BACA JUGA:  Kejar Target, Satgas TMMD Bojonegoro Kebut Pemasangan Plafon Rumah Aladin

Dengan upacara melasti ini bertujuan untuk membersihkan buana alit dan buana agung dari segala kekotoran. Di harapkan setiap hati umat menjadi bersih sebelum pelaksanaan Nyepi nanti,” ucapnya.(Ahmad)

Baca Artikel Menarik di LV

About admin

Check Also

PWI Lampung Bentuk Tim Sepak Bola Wartawan, Ini Jadwal Latihannya !

LAMPUNG1.COM, Bandar Lampung – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandar Lampung menyajikan jam operasional …

2 comments

  1. melestarikan tradisi

  2. tetap saling menghargai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *