Rabu , Januari 6 2021
Home / Pendidikan / Kepsek SLB Negeri Pringsewu Berharap Pemerintah Dapat Memfasilitasi Lokasi Belajar

Kepsek SLB Negeri Pringsewu Berharap Pemerintah Dapat Memfasilitasi Lokasi Belajar

LAMPUNG1.COM, Pringsewu – Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pringsewu tak mampu menerima murid terlalu banyak di karenakan kurangnya fasilitas lahan untuk lokasi belajar mengajar.

Hal tersebut di sampaikan oleh Hartanto Kepala Sekolah SLB Negeri Pringsewu saat di ruang kantor setempat, Rabu (12/4).

SLB Negeri Pringsewu yang berdiri di tahun 1985 yang awalnya adalah SLB Inpres, yang juga merupakan salah satu cikal bakalnya SLB di Lampung, dengan tingkat pendidikan SD, SLTP, SLTA.

Sampai saat ini permasalahanya adalah sempitnya lahan untuk menambah lokasi guna kegiatan belajar mengajar anak-anak berkebutuhan khusus dan juga kurangnya guru sebagai tenaga pendidik, sehingga SLB ini hanya mampu menampung total 156 pelajar.

“Kami tak mampu menerima siswa terlalu banyak karena fasilitas lahan sempit hingga tak bisa menambah ruang kelas lagi juga kekurangan guru sedangkan untuk SD maksimal 1 guru mendidik 5 siswa, SLTP dan SLTA 1 guru maksimal 8 siswa setiap ruangan”, ujar Hartanto Kepala Sekolah SLB Pringsewu pada tim Lampung1.com.

“Untuk fasilitas SLB yang normal itu ± 1 hektar dan kalo SLB Pringsewu saat ini hanya ±1/5 hektar Inilah kendala terbesarnya, pernah kami ajukan ke kabupaten untuk penyediaan lahan tapi mereka melontar kan ke Provinsi dan pusat yah lontar-lontaran gitu,” terang Hartanto.

“Sedangkan yang saya tau adalah untuk penyediaan lahan itu dari Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Pusat sebagai fasilitas infrastruktur bangunan dan pemerintah Provinsi yang membina, tapi nyatanya sampai saat ini sudah 32 tahun dari sejak berdiri SLB Pringsewu belum ada fasilitas lahan yang memadai”, jelasnya.

“Untuk guru pendidik sendiri akhirnya saya memakai seperti pepatah lama “Tak ada rotan akar pun jadi” untuk itu saya terpaksa merekrut mereka (guru) yang niatnya ikhlas mau mendidik anak anak berkebutuhan khusus ini karena bila harus yang lulusan khusus atau PNS kami tidak ada banyak,” tambahnya lagi.

Hartanto berharap agar pemerintah dapat memfasilitasi Lokasi Lahan agar SLB Negeri Pringsewu ini bisa menampung dan mendidik anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus.(Eri/Adi)

About admin

Check Also

10 Calon Penerima Anugrah Kebudayaan PWI Pusat 2021

LAMPUNG1.COM,Jakarta, 5 Januari 2021 ​Sepuluh Bupati Walikota, calon penerima Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) …

2 comments

  1. Wah sunggu luar biasa perjuangan nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *